Sukses

Menurut Sains, Ini 8 Resolusi Paling Sehat untuk Tahun Baru 2018

Anda bisa menerapkan salah satu resolusi hidup sehat di Tahun Baru 2018, yang dilihat dari kacamata sains.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu Resolusi Tahun Baru 2018 Anda bisa jadi adalah menjalani pola hidup yang lebih sehat. Mulai dari berjuang mengonsumsi makanan yang lebih baik sampai lebih rajin berolahraga.

untuk Anda yang belum memiliki gagasan pasti, ada beberapa ide untuk menerapkan resolusi hidup sehat. Hebatnya lagi, resolusi hidup sehat ini dibuat berdasarkan sains, dilansir dari Business Insider, Minggu (31/12/2017). Resolusi 2018 ini tak hanya akan meningkatkan kesehatan tapi juga kebahagiaan.

Anda tidak perlu mencoba sekaligus, tapi pilih satu atau dua poin yang sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda.

Ingin turunkan berat badan dan makan lebih sehat: perbaiki kebiasaan tidur

Penelitian terbaru menunjukkan, cukup tidur dapat menghindari hasrat untuk makan makanan yang tidak sehat dan menjaga berat badan agar tidak bertambah. Sebaiknya, Anda tidur minimal 8 jam tiap malam.

Untuk memperbaiki kebiasaan tidur bagi Anda yang susah tidur, para ahli menyarankan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama.

Hindari memainkan gawai setidaknya setengah jam sebelum tidur. Cara ini juga mencegah Anda terkena insomnia. Dengan cara ini, di Tahun Baru 2018, Anda pun bisa tidur dengan nyenyak.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Putuskan untuk olahraga

Olahraga dapat memperbaiki kesehatan jantung sekaligus memperbaiki mood dan kualitas tidur. Penelitian terbaru menunjukkan, olahraga dapat membantu otak tetap muda dan meningkatkan daya ingat.

Kebiasaan baru untuk berolahraga kardio

Jika Anda bisa berolahraga pagi hari, maka akan membuat jantung sehat. Anda juga dapat merasakan sinar matahari pagi.

Berolahraga di pagi hari dapat membuat tidur lebih mudah di malam hari. Anda bisa berolahraga kardio, seperti berlari dan berenang.

Temukan aktivitas yang disukai

Pakar merekomendasikan untuk menemukan aktivitas yang Anda sukai. Bagi beberapa orang mungkin menyukai panjat tebing, sebagian orang lain mungkin suka berlari atau berenang. Anda bisa menjadwalkan aktivitas ini tiap minggunya.

3 dari 4 halaman

Pilih makanan yang sehat

Jika Anda ingin mengubah pola makan menjadi lebih sehat, hindari konsumsi gula berlebih. Hal ini terkait penyakit jantung dan risiko kematian. Anda bisa beralih dari makanan bergula ke biji-bijian dan protein tanpa lemak.

Agar resolusi makan lebih sehat, cobalah memasak makanan tanpa bahan yang sudah disiapkan sebelumnya--dalam arti bahan harus segar (fresh)--setidaknya sekali seminggu saat Anda di rumah.

Tetapkan resolusi tentang minuman yang diminum

Anda bisa mengurangi tidak minum soda atau minuman manis lainnya. Konsumsi gula meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung. Hindari juga konsumsi alkohol secara rutin karena dapat meningkatkan risiko diabetes.

4 dari 4 halaman

Jika ingin lebih produktif, sebaiknya lebih banyak beristirahat

Psikolog K. Anders Ericsson mengatakan, sebagian besar orang hanya bisa melakukan pekerjaan secara penuh selama 4-5 jam, bukan bukan 8 atau 10 jam.

Kebanyakan orang yang ingin lebih produktif dalam pekerjaan harus belajar untuk mengatur waktu beristirahat.

Anda bisa berjalan-jalan sebentar agar memberi kesempatan otak beristirahat.

Lebih banyak membaca

Ada bukti psikologis, membaca, terutama buku fiksi dan sastra dapat meningkatkan rasa empati terhadap orang lain. Membaca juga seringkali dihubungkan dengan tercapainya kesuksesan.

Anda bisa memasukkan resolusi sehat dengan lebih banyak membaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.