Sukses

Stres Melanda, Tapi Kok Sakitnya Sampai ke Lambung?

Mengapa lambung yang pertama kali diserang saat stres melanda?

Liputan6.com, Jakarta Pernah Anda merasa lambung tiba-tiba bermasalah di saat stres melanda? Itu merupakan tanda dari gejala psikosomatis. Bisa sembuh bukan dengan obat, melainkan meredakan stres itu sendiri.

Lantas, mengapa lambung yang duluan merasakan sakit kala stres muncul?

Hipnoterapis dari Rumah Remedi, Rishita Dewi, mengatakan, lambung di dalam ilmu psikoterapis merupakan pertahanan awal bagi manusia. Secara anatomi tubuh, lambung adalah bagian yang pertama kali terbentuk.

"Sehingga kalau kamu stres dan banyak pikiran, lambung duluan yang kena, karena lambung erat kaitannya dengan sesuatu yang 'menyerap' dan tubuh cerna," kata Rishita beberapa waktu lalu.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lambung ikutan 'linglung' saat stres

Ketika kecemasan muncul, dan pikiran tidak bisa mencerna permasalahan tersebut, pikiran itu akan berujung jadi suatu masalah.

"Stres itu bisa muncul karena sebenarnya tanda dari ketidakmampuan kita menangani sesuatu. Di satu sisi, lambung secara tak langsung bekerja untuk mengantisipasi hal-hal apa yang bakal terjadi," kata dia.

Itulah mengapa ketika stres, lambung yang pertama kali diserang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.