Sukses

Warga Jabar Dilarang Tiup Terompet Tahun Baru, Ada Apa?

Dinas Kesehatan Jawa Barat mengimbau kepada masyarakat agar tidak bergiliran meniup satu terompet pada malam tahun baru.

Liputan6.com, Bandung Dinas Kesehatan Jawa Barat mengimbau kepada masyarakat agar tidak bergiliran meniup satu terompet pada malam perayaan tahun baru mendatang. Hal itu untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran penyakit difteri yang menular melalui cairan mulut manusia.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Dodo Suhendar, gejala penyakit difteri hampir serupa dengan batuk pilek pada umumnya sehingga bekas cairan mulut di terompet bukan tidak mungkin mengandung bakteri Corynebacterium Diphteriae. Tak hanya itu, kebersihan saat produksi terompet dan lokasinya harus diwaspadai.

"Jadi hati-hati higienis dari bahannya sama yang penjualnya atau pembuatnya, orangnya sehat enggak? Kalau di daerah tersebut, maaf misalkan di lokasi itu ada penderita difteri lalu di lokasi serupa bikin terompet, kan kita harus waspada. Jangan-jangan sudah ada penularan (difteri)," kata Dodo Suhendar di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Bandung, Jumat, 29 Desember 2017.

 

Simak video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum ada laporan

Dodo Suhendar mengaku, sampai saat ini otoritasnya belum menerima laporan soal penyebaran difteri melalui perangkat yang ditiup oleh mulut, seperti terompet perayaan tahun baru.

Namun, untuk meningkatan kewaspadaan penyebaran penyakit difteri, ditambah penetapan kejadian luar biasa (KLB) dari Kementerian Kesehatan belum dicabut maka sebaiknya penggunaan terompet dibatasi untuk satu orang.

Dodo menambahkan, saat terompet ditiup oleh satu orang, bekas sisa cairan mulut tetap ada meski hanya sedikit. Jika peniup terompet tersebut memiliki riwayat difteri, maka penularan penyakit tersebut akan segera terjadi.

"Ya baiknya satu terompet satu oranglah jangan dipakai bersama-sama," ujar Dodo.

Kemarin Kementerian Kesehatan menyebutkan adanya potensi penularan penyakit difteri melalui terompet karena terpapar percikan ludah bahkan embusan napas. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Difteri merupakan penyakit infeksi akut yang sangat menular dan bisa mengancam nyawa jika tidak segera ditangani.

    Difteri

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

  • meniup terompet