Sukses

Jerawat Tak Sembuh Juga, Bisa Jadi Akibat Stres

Stres pun bisa menyebabkan jerawat yang tak kunjung sembuh?

Liputan6.com, Jakarta Jerawat di wajah yang tak juga hilang padahal sudah melakukan bermacam-macam perawatan, bisa jadi merupakan sinyal bahwa ada emosi tidak tersalurkan dan masih mengganjal di dalam diri.

"Jerawat itu (di dalam ilmu hipnoterapi) adalah tendensi dislike of the self. Kamu ada perasaan kurang bisa menerima dirimu sendiri, jerawat muncul (guna memberi sinyal)," kata Hipnoterapi Rumah Remedi, Bangka, Jakarta, Rishita Dewi, pada pertengahan Desember 2017.

Menurut Rishita Dewi, badan setiap orang cerdas. "Your body telling the story," kata dia. Jerawat adalah cara badan memberi tahu bagaimana kondisi yang terjadi pada diri sebenarnya.

"Kalau dokter, sebelum dia mendiagnosis dia akan melihat simptom-simptom terlebih dulu. Jerawat adalah cara memberikan alarm 'Hei, perhatikan gw dong'," kata Rishita Dewi menerangkan.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jerawat Tak Sembuh, Apa yang Salah?

Lantas, mengapa harus melalui jerawat di muka jika tubuh hanya ingin memberikan sinyal yang terjadi di tubuh kita? Rishita Dewi mengatakan, muka adalah identitas diri kita. Cara dunia mengenali kita pun dikenali lewat wajah. "Itulah cara dia berkomunikasi," kata Rishita.

Memang, ada juga jerawat yang muncul karena kita malas membersihkan wajah atau tidak memperhatikan pola makan. "Kamu tidak perhatian dengan pola makan itu, juga bagian dari dirimu tidak mencintai dirimu sendiri. Maka timbullah jerawat," ujar dia.

Sadar atau tidak, kita sering diberi sinyal oleh kondisi yang kita alami sendiri. Misal, ada orang yang kecemasannya akibat mengantisipasi terhadap hari esok, biasanya keluarnya tidak bisa tidur. Begitu pula dengan jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.