Sukses

Sperma Hibrida Ini Bisa Obati Kanker Serviks

Peneliti dari Jerman mengembangkan sperma hibrida berlengan yang bisa mengantarkan obat kanker langsung ke sel tumor.

Liputan6.com, Jakarta Penemuan ini menjadi kabar bagus untuk pengobatan tumor kanker serviks. Peneliti dari Jerman mengembangkan sperma hibrida berlengan yang bisa mengantarkan obat kanker langsung ke sel tumor.

Cara tersebut bisa membantu mengobati penyakit yang mematikan dengan efek samping yang minim.

Para ilmuwan dari Leibniz Institute for Solid State and Materials Research melaporkan, mereka telah memanfaatkan kekuatan berenang sperma untuk mengangkut obat kanker secara langsung ke tumor serviks dalam tes laboratorium.

Peneliti Jerman yang dipimpin Mariana Medina-Sanchez dari universitas tersebut, mengemas obat kanker pada umumnya, doksorubisin, ke dalam sel sperma sapi dan memasangkan pakaian magnet kecil.

Kemudian dengan magnet tersebut, motor sperma-hibrida dipandu ke sel tumor serviks yang berkembang di laboratorium. Saat lengan baju itu ditekan ke tumor, lengan terbuka, melepaskan sperma.

Sperma kemudian berenang ke tumor, selaputnya menyatu dengan sel kanker, dan melepaskan obatnya. Ketika melepaskan ribuan sperma, sperma dengan obat membunuh lebih dari 80 persen bola kanker. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu penelitian lebih lanjut

Temuan baru ini, yang dirinci dalam jurnal ACS Nano, dapat membuka jalan untuk pengobatan pasien kanker serviks, melansir laman Hindustantimes, Rabu (27/12/2017).

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan sistem dapat bekerja pada hewan dan akhirnya manusia.

Para periset mengatakan motor sperma ini suatu hari berpotensi mengobati kanker dan penyakit lainnya di saluran reproduksi wanita, seperti kehamilan endometriosis atau ektopik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.