Sukses

Kim Kardashian Derita Penyakit Kulit Psoriasis, Sejak Kapan?

Kim Kardashian mengungkapkan, penyakit kulit psoriasis di kaki kanan, yang dideritanya perlahan-lahan mulai hilang.

Liputan6.com, Amerika Serikat Kim Kardashian mengungkapkan psoriasis (penyakit peradangan kulit yang ditandai dengan ruam memerah, kulit terkelupas, menebal, terasa kering, dan bersisik) yang dialaminya. Psoriasis pada kakinya hampir sepenuhnya hilang.

Kondisi ini termasuk hadiah Natal terbaik bagi seleb Amerika berusia 37 tahun ini. Ia akhirnya terbuka soal kondisi kulit di akun Instagram pribadinya.

Ia sudah mencoba berbagai pengobatan yang berbeda dan menemukan pengobatan yang bekerja manjur.

Oh Tuhan, psoriasis aku hampir hilang! Ini hadiah Natal terbaik! tulis Kim Kardashian pada unggahan fotonya.

Ia mengungkapkan, psoriasisnya perlahan-lahan membaik. Rahasia manjur psoriasisnya hilang dengan sistem terapi cahaya menggunakan perangkat LED Baby Quasar. Ia melakukan terapi ini di rumahnya.

"Aku menggunakan terapi cahaya ini. Ya, ini terapi ringan ini dan psoriasis aku, sepertinya mulai hilang 60 persen," jelas Kardashian, dikutip dari People, Rabu (27/12/2017).

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Awal didiagnosis

Kardashian didiagnosis menderita psoriasis pada 2016. Ia belajar untuk menerima hidup dengan kondisi kulit tersebut.

"Psoriasis ini ada di kaki kanan aku. Ini yang paling terlihat. Aku bahkan tidak benar-benar mencoba untuk menutupinya. Terkadang aku merasa ini adalah kelemahan besar dan semua orang tahu tentang hal itu. Jadi kenapa menutupinya? Aku benar-benar belajar untuk hidup bersamanya (psoriasis)," lanjutnya.

Sebenarnya, psoriasis yang diderita Kardashian pertama kali muncul di kakinya pada tahun 2011. Pada waktu itu, ia tidak mendapat diagnosisi kalau dirinya menderita psoriasis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.