Sukses

Dokter Jantung Beri Tips Makan Gorengan yang Sehat

Bagaimana agar kita tetap sehat selama menyantap gorengan? Berikut saran dari dokter.

Liputan6.com, Jakarta Menyantap gorengan terlalu sering bisa meningkatkan kadar kolesterol. Buat mereka yang ingin tetap sehat, tapi tidak bisa lepas dari makanan yang digoreng, bisa mencoba saran dari dokter satu ini. 

Menurut Dokter Spesialis Jantung Pembuluh Darah dari situs Klik Dokter, dr Vito A Damay, gorengan memang mengandung kolestrol tinggi yang dapat mempercepat proses penyempitan pembuluh darah.

Akan tetapi jika diolah dan dikonsumsi dengan cara tepat, tentu Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

Berikut tips makan gorengan tapi tetap sehat dari Vito yang bisa Anda coba, dikutip dari situs Klik Dokter pada Sabtu, 25 Desember 2017.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Makan Gorengan tapi Tetap Sehat

1. Pakai minyak baik

Minyak baik itu seperti olive oil, canola oil, dan sesame oil. Vito mengatakan, ketiga minyak ini tidak menyebabkan penumpukan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Sehingga baik untuk dipakai mengolah gorengan.

Akan tetapi, sebaik apa pun minyak-minyak tersebut, tetap saja tidak boleh digunakan lebih dari satu kali. Dan takarannya pun tidak boleh banyak-banyak, harus sesedikit mungkin.

Juga tidak menggunakan metode mencelupkan makanan ke minyak saat mengolah gorengan.

 

3 dari 3 halaman

Batasi Porsi Gorengan

2. Batasi porsi

Hal lain yang harus diingat adalah sekali pun gorengan diolah menggunakan minyak baik, tetap mengandung kalori dan lemak. Jadi, batasi porsinya.

3. Jangan lupa sayuran

Akan lebih menyehatkan lagi jika makan gorengan bersama sayuran. Makan tahu atau tempe dengan gado-gado, misalkan. Atau Anda bisa cari alternatif lain.

Vito menyarankan, makanlah buah-buahan yang banyak setelah makan gorengan.

Semua itu berguna untuk menghambat penyerapan kolesterol jahat (LDL) di tubuh. Juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga jauh dari risiko penyakit jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini