Sukses

Bayi Mogok Nenen, Kenapa Ya?

Liputan6.com, Jakarta Artis yang juga ibu Chelsea Olivia curhat tentang anak semata wayangnya yang sempat menolak menyusui atau mogok nenen (nursing strike). Untungnya, kini Nastusha Olivia Alinskie (15 bulan) sudah mau lagi menyusu langsung.

"Nastusha udh mau nenen lagi,udh ga terlalu sering gigit dan udh ngak trauma lagi liat nenen," kata Chelsea dalam keterangan foto di Instagram pribadinya @chelseaoliviaa pada Sabtu (23/12/2017).

Bayi yang mogok nenen merupakan salah satu hal yang mengkhawatirkan bagi ibu. Bisa sampai membuat frustrasi terutama pada ibu yang merasa anaknya belum siap disapih seperti disampaikan dokter spesialis anak William Sears.

"Nursing strike paling sering terjadi usai beberapa gangguan dalam rutinitas harian anak. Seperti perjalanan keluarga, orangtua berganti pekerjaan, perpisahan anak dengan satu atau dua orangtua. Namun terkadang sulit untuk menentukan alasan di balik anak mogok nenen," jelas Sears mengutip laman Parenting, Minggu (24/12/2017).

Ibu diharapkan tak langsung panik menghadapi bayi mogok nenen. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar anak mau menyusui seperti semula.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

Tips

Bagi ibu yang buah hatinya mengalami mogok nenen, berikut saran Sears:

1. Lakukan cara menyusui favoritnya

Untuk menarik hati agar si Kecil mau menyusui langsung ke payudara, coba hidupkan kembali situasi menyusui yang dia sukai. Misalnya menyusui di kuris goyang atau sambil membaca buku.

"Kenangan indah menyusui langsung ini mungkin membuatnya kembali menyusu," kata Sears.

2. Menyusui sebelum tidur

"Ini biasanya cara terbaik untuk merayunya kembali menyusui, terutama jika sebelumnya dia senang menyusu sebelum tidur," katanya.

3. Minimalisir distraksi

Sejak usia 10 bulan, bayi mudah terganggu saat menyusui, terlebih bila ruangan berisik. Pilihlah, waktu saat dia lapar, lalu ajak dia ke tempat sepi, biarkan duduk nyaman di atas Anda, nyanyikan lagu favoritnya. Dan biarkan dia menyusu sendiri.

4. Kurangi MPASI

"Kurangi jumlah MPASI dan susu tambahan, agar dia ingat bahwa makanan itu berasal dari piring dan botol serta menyusu langsung," saran Sears.

Artikel Selanjutnya
Terapkan Diet Setelah Melahirkan Ini, Ibu Pasti Langsing
Artikel Selanjutnya
Kisah Usai Vaksin Difteri, Lari di GBK dan Naik Motor Satu Tangan