Sukses

ASI itu Penting, RSPI-Bintaro Jaya Berlakukan Peraturan Ini

Saking pentingnya ASI untuk seorang bayi, RSPI Bintaro Jaya tidak langsung mengganti susu formula jika ada ibu yang menolak memberikan ASI

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan air susu ibu (ASI) adalah hak dari setiap bayi yang baru lahir. Hal itu disadari betul oleh Rumah Sakit Pondok Indah - Bintaro Jaya.

Setiap ada bayi yang baru lahir, tapi karena kondisi tertentu si ibu tidak bisa memberikan ASI, pihak rumah sakit tidak langsung memberikan susu formula. Pihak keluarga harus terlebih dulu mengisi form tanda setuju untuk dilakukan tindakan tersebut.

Begitu juga pada ibu yang sedari awal sudah menolak untuk memberikan ASI. Sebelum diberikan form tersebut, baik bidan, perawat, maupun dokter spesialis turun langsung mengedukasi pasien terkait pemberian ASI.

"Ya, kita harus edukasi dulu. Siapa tahu ibunya memang belum teredukasi bahwa ASI itu memang penting," kata Bidan Venny Silvia kepada sejumlah wartawan saat melihat Klinik Kebidanan dan Kandungan Lantai 6 Rumah Sakit Pondok Indah - Bintaro Jaya belum lama ini.

Menurut perempuan 33 tahun yang sudah 9 tahun menjadi bidan di Rumah Sakit Pondok Indah - Puri Indah, apabila setelah edukasi sang ibu tetap menolak memberikan ASI, baru form diberikan untuk ditandatangani.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Donor ASI untuk Bayi yang Ibunya Meninggal Saat Melahirkan

Termasuk pada kasus ibu meninggal, prosedur yang sama tetap dijalankan. Tenaga medis akan menawarkan donor ASI terlebih dahulu ke pihak keluarga, dan jika ditolak maka akan diberikan susu formula.

"Semua harus ada surat persetujuannya. Karena bagaimana juga, ASI adalah makanan terbaik buat anak," kata Bidan Venny.

Namun, Bidan Venny menilai bahwa pasien-pasien yang ada di Rumah Sakit Pondok Indah Grup sudah tahu manfaat dari pemberian ASI. Nyaris 100 persen paham tentang ASI dan segudang manfaatnya.

Ditambah pula banyak artis yang bangga banget apabila bisa menyusui. Dorongan positif seperti itu yang membuat para pasien ibu di rumah sakit tersebut tergerak untuk melakukan hal yang sama, memberikan ASI sampai anak berumur dua tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.