Sukses

3 Kisah Sukses Orang yang Dibesarkan Ibu Tunggal

Liputan6.com, Jakarta Siapa bilang anak yang dibesarkan oleh ibu tunggal tak bisa sukses? Ada banyak bukti yang menunjukkan kehebatan ibu tunggal. Ada banyak orang sukses yang dibesarkan oleh ibu tunggal.

Selama ini, ada banyak anggapan anak yang dibesarkan oleh ayah dan ibu itu lebih baik dibandingkan ayah atau ibu tunggal. Namun studi dari University of Cambridge, Inggris mengatakan hal itu tidak bisa disamaratakan.

Pendapat lain dari sosiolog dari University of Southern California-Los Angeles, Tim Biblars mengatakan kondisi perekonomian memang berperan membuat anak yang dibesarkan orangtua tunggal berperilaku negatif. Seperti pencapaian pendidikan yang rendah, penggunaan narkoba, dan adaptasi yang buruk.

Namun, bila ibu menjadi orangtua tunggal dengan kondisi ekonomi baik, anak tersebut tumbuh menjadi anak baik-baik.

"Anak-anak yang dibesarkaan ibu tunggal dengan ekonomi sosial baik cenderung menjadi anak baik," kata Tim seperti mengutip ABC News, Jumat (13/1/2017).

Mulai dari Angelina Jolie sampai Barack Obama, ini dia orang-orang sukses di bidang masing-masing yang dibesarkan ibu tunggal yang Health-Liputan6.com kutip dari berbagai sumber. 

1. Angelina Jolie

Orangtua Angelina Jolie, Jon Voight dan Marcheline Bertrand, berpisah saat Jolie masih bayi. Hal ini membuat wanita berbibir seksi ini tumbuh di bawah pengasuhan ibu tunggal

Walau begitu, hal tersebut tak membuat dirinya menjadi rendah diri. Sejak usia remaja Jolie bersinar di dunia seni.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

1 dari 3 halaman

Barack Obama

Obama dibesarkan oleh ibu tunggal, Ann Dunham. Ibunay harus berjuang sendirian membesarkan Obama setelah bercerai dengan suaminya di 1964. Saat itu Obama baru dua tahun.

Dengan sekuat tenaga, Ann berusaha membesarkan Obama. Ann pun harus bekerja keras untuk membayar beragam tagihan. Beruntung kakek nenek Obama selalu siap membantu ketika butuh pertolongan.

"Aku tidak pernah tahu seperti apa ayahku. Aku dibesarkan oleh ibu tunggal. Itu kenapa aku berusaha untuk menjadi pria terbaik bagi Michelle dan anak-anak. Aku ingin melakukan apa yang ayahku tidak lakukan pada ibu dan aku," kata Obama beberapa tahun lalu.

2 dari 3 halaman

Michael Phelps

Di ajang Olimpiade, nama perenang Michael Phelps tidak diragukan lagi. Dia berhasil meraih 23 medali emas di ajang olahraga itu. Kesuksesannya itu tak bisa lepas dari sang ibu Deborah Phelps.

Saat dia berhasil meraih emas di Olimpiade Athena 2004, dia langsung mencium dan menyerahkan buket bunga ke sang ibu. "Ibulah yang telah membuat saya jadi juara," katanya.

Artikel Selanjutnya
Tak Tega Bangunkan Istri, Stefan William Ganti Popok Anak Sendiri
Artikel Selanjutnya
Alasan Ayah Selalu Jadi Superhero untuk Sang Buah Hati