Sukses

Manfaat Benalu Teh untuk Kesehatan

Selain untuk mengobati penyakit kanker, benalu teh juga digunakan untuk mengobati tumor ganas, darah tinggi, jantung, liver, serta baik untuk menjaga stamina tubuh. Dicari banyak pelanggan.

Liputan6.com, Wonogori: Benalu biasanya dikenal sebagai parasit. Damun siapa sangka, di samping sebagai tanaman penggangu, benalu juga bermanfaat. Setidaknya itulah yang dirasakan Ahmad Subardi, warga Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Ketika ditemui baru-baru ini, Subardi mengatakan, dia sudah membudidayakan benalu teh sejak 1992. Untuk menanam benalu teh, biasanya dia tinggal menempelkan bibit atau akarnya ke batang pohon teh.

Menurut Subardi, cara membuat ramuan benalu teh juga sangat mudah dan cepat. Daun benalu teh yang telah dikeringkan diseduh dengan air panas dan diminum tanpa gula. Selain untuk mengobati penyakit kanker, benalu teh juga digunakan untuk mengobati tumor ganas, darah tinggi, jantung, liver, serta baik untuk menjaga stamina tubuh.

Untuk satu paket daun dan batang benalu teh, kata Subardi, dijual dengan harga Rp 60 ribu. Tak hanya dari daerah di sekitar Karanganyar, pembeli benalu teh juga datang dari Jakarta, Surabaya, Bali, dan Sumatra.

Damar Sri Prakoso, pelanggan, memilih benalu teh untuk kesehatan. Terlebih harganya tak terlalu mahal.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini