Sukses

5 Cara Aneh Dapatkan Tidur Nyenyak, Boleh Kamu Coba

Berdasarkan dari penelitian terbaru dan saran dari para ahli, berikut beberapa hal yang bisa membantu Anda mendapatkan tidur nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta Tidur malam berkualitas penting untuk kesehatan. Namun, untuk mendapatkannya bukan perkara mudah. 

Beberapa orang terkadang mengalami kesulitan untuk memulai tidur malam. Entah karena tubuh terlalu lelah atau stres yang melanda. Atau memang tak terbiasa tidur di awal malam. 

Berdasarkan dari penelitian terbaru dan saran dari para ahli, berikut beberapa hal yang bisa membantu kamu mendapatkan tidur malam lebih nyenyak, seperti dikutip dari laman Health, Rabu (20/12/2017).

Biarkan pintu kamar terbuka

Sebuah penelitian kecil terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Indoor Air menemukan, ketika orang tidur dengan pintu dan jendela tertutup mereka mendapatkan konsentrasi karbondioksida lebih tinggi pada kamar mereka.

Ini mengindikasikan buruknya ventilasi, ujar penggagas penelitian. Orang juga menjadi terbangun dari tidur lebih sering sepanjang malam ketika jendela dan pintu kamar mereka tertutup. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mandi air hangat

Ketika kamu bersiap untuk tidur, suhu inti tubuh Anda akan menurun. Kamu bisa membantu terjadinya proses tersebut, ujar para ahli, dengan mandi menggunakan air hangat.

“Kuncinya adalah mandi lebih awal-sekitar 75 hingga 90 menit sebelum tidur-jadi suhu tubuh sudah mulai turun ketika kamu bersiap untuk tidur,” ujar Jason Ong, PhD, seorang rekanan profesor neurologi dan obat tidur pada  Feinberg School of Medicine Northwestern University.

3 dari 5 halaman

Abaikan pemantau tidur

Berinvestasi pada pemantau aktivitas yang memonitor tidur mungkin bisa menjadi tindakan yang cerdas, namun hal tersebut bisa berpotensi menjadi bumerang bagi diri sendiri.

“Banyak orang yang mempunyai masalah tidur menjadikan masalah mereka lebih parah ketika mereka menjadi terobsesi dan ingin menganalisis setiap detil,” ujar Ong.

4 dari 5 halaman

Berlatih tai chi

Berolahraga telah lama direkomendasikan sebagai cara yang sangat membantu untuk memastikan tidur yang berkualitas pada malam hari. Tipe olahraga yang kamu pilih tidak terlalu penting, ujar Ong, selama itu merupakan sesuatu yang dilakukan secara rutin.

Namun rutuinitas yang bisa kamu coba adalah Tai Chi-meditasi tradisional gerak lambat dari Tiongkok. Pada sebuah studi terbaru dari Journal of Clinical Oncology yang dilakukan pada pasien kanker payudara, sesi regular tai chi sama efektifnya untuk meredakan insomnia seperti terapi perilaku kognitif.

5 dari 5 halaman

Gunakan lensa kekuningan

Mengurangi waktu menatap layar sebelum tidur merupakan cara terbaik. Namun terkadang hidup, pekerjaan, atau acara tv kesukaan membuatnya menjadi lebih sulit.

Para peneliti dari Columbia University merasa mereka memiliki solusi terbaik: menggunakan lensa kacamata berwarna kekuningan yang bisa memblokir beberapa sinar biru pengganggu tidur yang dipancarkan dari layar TV, komputer, dan lainnya, ujar mereka.

Sebagai tambahan, studi yang lebih besar terhadap hal ini masih diperlukan, ujar para peneliti, untuk mempelajari lebih dalam terhadap kelompok insomnia tipe apa penggunaan lensa kacamata ini agar berfungsi dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.