Sukses

Muncul Pikiran Ingin Bunuh Diri Segera Cari Bantuan

Bila pikiran untuk bunuh diri muncul, jangan ragu untuk segera menghubungi atau mendatangi psikolog atau psikiater.

Liputan6.com, Jakarta Kematian artis seperti Jonghyun SHINee terkait bunuh diri serta tersebarnya metode bunuh diri memiliki risiko ditiru oleh penggemar yang memiliki ikatan emosional. Serta yang sudah memiliki kecenderungan depresi dan bunuh diri.

Terkait hal ini komunitas orang muda untuk pencegahan bunuh diri dan kesehatan jiwa, Into The Light, mengingatkan kepada para fans SHINee (Shawol) yang terguncang untuk tetap bersatu dan menguatkan sebagai bagian dari komunitas. Serta saling peduli dan menguatkan kondisi satu sama lain.

Lalu, bila muncul keinginan untuk bunuh diri segera hubungi tenaga profesional di bidang kesehatan jiwa. "Jika Anda memiliki pemikiran bunuh diri, jangan ragu untuk segera hubungi psikolog dan psikiater," pesan Into the Light seperti mengutip di laman Facebook mereka, dikutip Rabu (20/12/2017).

Bila memang sulit menemui psikolog atau psikiater, coba untuk mencari orang yang bisa dipercaya dan tidak menghakimi.

"Bila sudah curhat tapi teman cenderung menghakimi, coba cari lagi teman yang lain. Ini memang tidak mudah tapi cari lagi teman yang mau mendengarkan dan tidak menghakimi," pesan Kepala Koordinator Into The Light saat dihubungi Health-Liputan6.com, Rabu (20/12/2017).

Penggemar SHINee juga disarankan untuk berhati-hati dalam menyebarluaskan informasi dari sumber berita yang belum diketahui jelas kebenarannya. Terlebih yang bersifat mendramatisir kematian Jonghyun.

"Hal ini penting, agar tidak memicu pemikiran depresif dan kehendak bunuh diri dari sesama Shawol yang depresif," tulis Into the Light lagi.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan kepada bukan penggemar SHINee

Bagi yang bukan penggemar Jonghyun atau SHINee diharapkan bisa berempati bila ada teman atau anggota keluarga merasa terguncang oleh kematian artis idolanya.

"Hindari perilaku merundung, menghakimi atau menilai negatif kematian bunuh diri dari idola mereka," pesan Into the Light.

Akan lebih baik, bagi yang tidak menggemari SHINee untuk memperhatikan kondisi satu sama lain. Bila melihat perubahan perilaku dari salah satu anggota keluarga atau teman yang merupakan penggemar SHINee segera anjurkan mereka menghubungi tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater terdekat.

Perubahan perilaku tersebut diantaranya menjadi murung, menarik diri, membicarakan kematian atau perasaan tidak ada harapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.