Sukses

Mahasiswa, Ini Trik Atasi Stres Saat Ujian

Peneliti menyimpulkan pengenalan program mindfullnes selama 8 minggu di universitas-universitas di Inggris bisa membantu mencegah stres

Liputan6.com, Jakarta Mahasiswa kebanyakan mengalami stres dan tertekan saat ujian, tapi dengan latihan mindfulness (pemusatan perhatian) bisa memperbaiki kesehatan mentalnya,

Itulah hasil penelitian dari Universitas Cambridge terhadap 600 siswa Cambridge. Peneliti menyimpulkan pengenalan program mindfulness selama delapan minggu di universitas-universitas di Inggris bisa membantu mencegah penyakit jiwa dan meningkatkan kesejahteraan siswa.

Kekhawatiran tentang kesehatan mental di sektor pendidikan tinggi kini meningkat. Layanan kesehatan mental universitas saja sudah mengalami lonjakan permintaan yang besar, dengan jumlah siswa yang mengakses konseling meningkat sebesar 50% antara tahun 2010 dan 2015, ini melebihi pertumbuhan jumlah siswa selama periode yang sama.

Menurut penelitian yang dipublikasikan jurnal The Lancet Public Health, prevalensi penyakit jiwa di kalangan mahasiswa di tahun pertama lebih rendah daripada populasi umum, tapi pada tahun kedua jumlahnya meningkat melebihi tingkat populasi umum.

"Dengan meningkatnya tuntutan pada layanan kesehatan mental siswa, kami ingin melihat apakah mindfulness dapat membantu siswa mengembangkan strategi penanganan pencegahan," kata Géraldine Dufour, salah satu penulis laporan dan kepala layanan konseling Cambridge seperti dilansir Guardian

Mindfulness merupakan, metode pelatihan yang semakin populer pada saat ini, telah terbukti memperbaiki gejala kecemasan dan depresi. Sampai saat ini, bagaimanapun, hanya ada sedikit bukti kuat mengenai efektivitasnya dalam mendukung kesehatan mental siswa.

Siswa Cambridge secara acak ditugaskan ke dua kelompok. Keduanya ditawarkan akses ke layanan pendukung dan konseling yang biasa di universitas, serta layanan NHS. Salah satu dari dua kelompok tersebut juga ditawarkan kursus kesadaran, yang terdiri dari delapan sesi mingguan berbasis kelompok, ditambah latihan di rumah termasuk meditasi, "mindful walking" dan "mindful eating". 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mindfulness bantu atasi stres akumulatif

Periset menemukan peserta mindfullness adalah sepertiga yang kurang mungkin mendapat dukungan kesehatan mental. Bahkan selama periode yang paling menegangkan tahun ini, ujian musim panas, nilai marabahaya untuk kelompok mindfullness turun di bawah tingkat dasar mereka, yang diukur pada awal penelitian. Para siswa tanpa pelatihan pusat perhatian menjadi semakin stres saat tahun ajaran berjalan.

"Siswa yang telah mempraktikkan mindfullness memiliki nilai marabahaya lebih rendah dari tingkat dasar mereka bahkan selama masa ujian, yang menunjukkan bahwa perhatian membantu membangun ketahanan terhadap stres."

Prof Peter Jones, juga dari departemen psikiatri Cambridge, menambahkan: "Bukti meningkat bahwa pelatihan kesadaran dapat membantu orang mengatasi stres akumulatif."

"Meskipun manfaat ini mungkin serupa dengan beberapa metode pencegahan lainnya, perhatian penuh bisa menjadi tambahan yang berguna untuk intervensi yang telah disampaikan oleh layanan konseling universitas," katanya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.