Sukses

Jangan Anggap Bercanda Bila Teman Berkata Ingin Bunuh Diri

Jangan tertawai, mengolok atau menyepelekan ketika teman atau saudara mengungkapkan keinginan untuk bunuh diri. Ini yang bisa kita lakukan.

Liputan6.com, Jakarta Bila ada seorang teman atau anggota keluarga mengatakan keinginannya untuk bunuh diri jangan dianggap hal sepele.

"Enggak boleh (disepelekan). Setiap pernyataan keinginan untuk bunuh diri dari harus ditanggapi secara serius," kata spesialis kedokteran jiwa, Tjhin Wiguna.

Lebih baik, usai dia mengatakan hal itu, tanyakan lagi secara baik-baik alasan ingin bunuh diri. Misalnya mengatakan "Kamu ada apa, kenapa berpikir ingin bunuh diri?".

"Sesudah dia menjawab, tanyakan kepadanya adakah sesuatu yang bisa dilakukan untuk menolong atau membantunya," kata psikiater anak dan remaja ini memberi pesan.

Bila dia mengungkapkan alasan bunuh diri adalah hal serius, Tjhin menyarankan untuk membantu orang tersebut bisa mencari pertolongan dari profesional.

"Kalau dia mengatakan dia sudah mumet banget, rasanya hidup ini tidak berarti lagi dan bila meninggal bisa menyelesaikan masalah, sebaiknya bantu dia mencari pertolongan profesional. 'Mau enggak kita antar?'," kata psikiater anak dan remaja ini.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan lakukan ini

Pastikan tidak untuk menertawakan, mengolok-olok dan menghakimi, atau menyepelekan keinginan bunuh diri seorang teman atau keluarga. Tidak perlu juga menyinggung keimanannya.

"Kan kadang-kadang ada juga yang bilang 'Ih kamu kok enggak beragama sih, kayak gitu aja pengen bunuh diri'. Yang seperti ini tidak boleh, ini berarti menyepelekan," pesan Tjhin.

Lebih baik tetap hargai perasaan dia. Biarkan orang tersebut mengungkapkan isi hatinya. Jangan lupa, tawarkan bantuan untuk menolongnya. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini