Sukses

Penyakit Seram Intai Anda yang Suka Tidur Bareng Ponsel

Kebiasaan ini bisa memicu masalah kesehatan yang menyeramkan, termasuk kanker, kesehatan mental dan masalah reproduksi.

Liputan6.com, Jakarta Saat tidur, sebaiknya jauhkan ponsel dari Anda. Ini bukan untuk diabaikan, sebab menurut Departemen Kesehatan California, kebiasaan ini bisa memicu masalah kesehatan yang menyeramkan, termasuk kanker, kesehatan mental dan masalah reproduksi.

Meski studi belum bisa membuktikan hal ini, namun ada banyak penelitian yang menghubungkan risiko penyakit tersebut dengan radiasi ponsel.

Salah satu hal yang bisa terlihat adalah bukti bahwa iPhone memiliki setting radio frequency (RF) yang telah diuji pada jarak 5mm. Standar keamanan AS juga memberikan saran pengguna untuk mengurangi paparan radiasi dengan menggunakan speakerphone atau handsfree.

"RF mungkin dapat menembus masalah otak anak-anak dengan lebih mudah daripada orang dewasa. Ironisnya, paparan radiasi juga memiliki efek jangka panjang pada otak yang sedang berkembang," tulis pedoman California, seperti dimuat Independent, dilansir Selasa (19/12/2017).

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bukti bahwa paparan ponsel dapat menyebabkan tumor di otak atau telinga, sementara psikolog telah memperingatkan bahwa hal itu juga dapat dikaitkan dengan kesehatan mental, perhatian dan tidur yang buruk pada remaja.

Penelitian lain yang mengkhawatirkan telah menunjukkan hubungan yang kuat antara paparan radiasi saat tidur dengan jumlah sperma dan laki-laki, dan kualitas sperma.

 

Simak video berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makin dekat makin bahaya

Pedoman California juga menyatakan bahwa sifat tidak teratur dari sinyal telepon dapat mempengaruhi kesehatan. 

Sebagai gantinya, para ahli menyarankan untuk selalu menggunakan headset, dan tidur jauh dari ponsel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.