Sukses

5 Cara Ampuh Lupakan Mantan Pacar

Liputan6.com, Jakarta Melupakan mantan pacar bukan perkara mudah. Apalagi bila putusnya sebuah hubungan bukan karena keinginan sendiri, melainkan permintaan keluarga.

Jika Anda baru saja putus dua bulan lalu, dan masih dihantui mantan pacar, tenang itu wajar. Seseorang paling tidak butuh waktu 11 minggu (sekitar tiga bulan) untuk bisa menjalani kehidupan seperti biasa. Hal ini disampaikan dalam The Journal of Positive Psychology.

Sementara itu, pada pasangan bercerai, disebutkan dalam studi lain, membutuhkan waktu sekitar 18 bulan agar benar-benar bisa melupakan pasangan.

Faktanya, lama waktu lepas dari rasa sakit putusnya sebuah hubungan tidak sama. Setiap orang memiliki berbagai faktor yang berbeda-beda seperti lama menjalin hubungan, pengalaman yang berlangsung, hingga keinginan untuk mengakhiri hubungan.

Berikut ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu Anda bangkit dari kenangan mantan kekasih mengutip Independent, Minggu (17/12/2017), seperti disampaikan terapis hubungan, Ammanda Major.

1. Menerima kondisi

Penting untuk bisa menerima bahwa sudah tidak lagi bersama dengannya. Tak perlu malu melewatkan masa-masa sedih atau menangis. Itu berarti memberi kesempatan diri untuk memproses dan merenungkan apa yang terjadi.

Dalam perenungan mungkin menemukan hal-hal yang kurang baik dari diri sendiri. Misalnya egois ke mantan pacar. Jika sudah mengetahui kesalahan diri dan tidak mengulangi, saat menjalin hubungan lagi pada masa depan bakal berjalan lebih baik.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

Batasi hubungan dengan mantan

2. Melakukan hal-hal disukai 

Daripada buru-buru punya pacar baru, lebih baik manfaatkan waktu yang ada sekarang untuk melakukan hal-hal yang disukai. Misalnya mendalami hobi, fokus pada pekerjaan atau mengerjakan proyek lain, ataupun solo traveling.

3. Curhat

Rasa kesepian dan sedih yang menyiksa umum terjadi usai putus. Tak ada salahnya untuk curhat ke orang-orang yang dipercaya. Dengan begitu, Anda bisa meluapkan perasaan serta merasa tak sendiri.

4. Batasi berhubungan dengan mantan

Bagi sebagian orang, membatasi berhubungan dengan mantan atau hal-hal yang terkait dengannya bisa mengurangi rasa sakit.

5. Ingat: waktu akan menyembuhkan

Tahun pertama putus itu memang sulit, apalagi bila sedang pada tanggal-tanggal penting. Ketika ingat mantan, coba ingat juga faktor yang membuat Anda tak bisa lagi bersamanya. Seiring berjalannya waktu sudah, perasaan sakit pun berangsur-angsur memudar.

Artikel Selanjutnya
Mantan Selingkuhan David Beckham Ditawari Main Film Porno
Artikel Selanjutnya
Baim Wong Menggoda Mantan Kekasih, Masih Cinta?