Sukses

Langkah Ini Bisa Bantu Wanita yang Sulit Punya Anak

Seorang wanita yang melakukan transplantasi rahim berhasil melahirkan.

Liputan6.com, Jakarta Untuk pertama kalinya di Amerika Serikat, seorang wanita yang melakukan transplantasi rahim berhasil melahirkan.

Sebelumnya, sejak 2014 sudah pernah ada beberapa bayi yang dilahirkan lewat transplantasi rahim di Swedia, di Rumah Sakit Universitas Sahlgrenska di Gothenburg. Namun, hal ini baru pertama kali berhasil di Amerika.

Ibu yang melahirkan tersebut menerima transplantasi dari pendonor hidup tahun lalu di Baylor University Medical Center di Dallas, dan memiliki seorang bayi laki-laki di sana bulan lalu, kata rumah sakit pada Jumat.

"Sebuah keberhasilan, transplantasi rahim dipandang sebagai sumber harapan bagi wanita yang tidak dapat melahirkan karena tidak memiliki rahim atau harus dikeluarkan karena kanker, penyakit lain atau komplikasi akibat persalinan," tulis keterangan rumah sakit. 

Dr Liza Johannesson, ahli bedah transplantasi rahim yang meninggalkan tim Swedia untuk bergabung dengan kelompok Baylor, mengatakan, kelahiran di Dallas sangat penting.

"Itu adalah kelahiran yang sangat menyenangkan," kata Dr Johannesson. "Saya telah melihat begitu banyak ibu melahirkan dan bayinya, tapi ini sangat spesial."

 

Simak video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat gagal

Menurut Liza, proses kelahiran ini tentu tidak langsung berhasil. Setelah mengalami kegagalan, proses ini akhirnya berhasil dan mereka kini memiliki anak hasil dari kandungan mereka sendiri.

Dr Johannesson dan Dr Testa mengatakan bahwa sebagian besar motivasi mereka datang dari pasien dan menyadari betapa hancurnya mereka mengetahui bahwa mereka tidak dapat memiliki anak.

Meskipun sebagian besar biaya ditutupi oleh biaya penelitian, harga transplantasi rahim ini masih terbilang mahal. Dr Testa mengakui bahwa banyak wanita yang menginginkan operasi tidak akan mampu membelinya.

Rumah sakit lain, Cleveland Clinic, melakukan transplantasi rahim pertama di Amerika Serikat pada Februari 2016, tapi gagal setelah dua minggu karena adanya infeksi yang menyebabkan perdarahan yang mengancam jiwa dan memerlukan operasi darurat untuk mengeluarkan organ tersebut.

Klinik menghentikan programnya untuk waktu yang lama, tapi telah memulai ulang dan memiliki pasien yang menunggu transplantasi, kata seorang juru bicara, Victoria Vinci.

Prosesnya rumit dan memiliki risiko yang cukup besar bagi penerima dan pendonor. Pendonor menjalani operasi lima jam yang lebih kompleks dan mengeluarkan lebih banyak jaringan daripada histerektomi standar untuk menghilangkan rahim. Operasi transplantasi juga sulit dilakukan, dalam beberapa hal dapat dibandingkan dengan transplantasi hati, ujar Dr Testa.

Penerima menghadapi risiko operasi dan obat anti-penolakan transplantasi bahwa mereka, tidak seperti orang dengan gagal hati, tidak perlu menyelamatkan nyawa mereka. Kehamilan mereka dianggap berisiko tinggi, dan bayi harus dilahirkan melalui operasi cesar agar tidak terlalu menekan uterus yang ditransplantasikan. Sejauh ini semua kelahiran telah terjadi sedikit lebih awal dari usia normal 40 minggu - pada 32 sampai 36 minggu.

Wanita yang memiliki transplantasi tidak dapat melalui cara alami, karena indung telur mereka tidak terhubung ke rahim, jadi tidak mungkin telur masuk ke sana. Sebagai gantinya, mereka membutuhkan fertilisasi in vitro. Sebelum transplantasi, wanita diberi perawatan hormon untuk membuat ovarium mereka melepaskan banyak telur, yang kemudian dipanen, dibuahi, dan dibekukan.

Begitu wanita itu benar-benar pulih dari operasi dan mulai menstruasi, telur bisa ditanamkan di rahim, satu per satu, sampai dia hamil.

Di Swedia, dokter menunggu setahun setelah transplantasi sebelum mencoba memulai kehamilan demi memungkinkan wanita tersebut untuk sembuh. Di Baylor, tim tersebut bergerak lebih cepat, dan mulai mencoba menghamili wanita dalam beberapa bulan setelah operasi, segera setelah mereka mulai menstruasi.

Di Baylor adalah wanita keempat yang berhasil mendapatkan transplantasi rahim dan melahirkan pada September 2016.

Dr Testa mengatakan bahwa idenya adalah untuk memulai kehamilan lebih awal, karena para wanita masih muda dan sehat, dan tidak memerlukan waktu setahun untuk pulih dari operasi. Dia berpendapat bahwa waktu tunggu hanya membuat obat anti-penolakan - yang memiliki efek samping yang signifikan - lebih lama dari yang diperlukan.

Dia dan Dr Johannesson mengatakan bahwa tim Swedia, dan pusat perencanaan transplantasi lainnya, juga mulai mempertimbangkan untuk memperpendek penantian tersebut.

3 dari 3 halaman

Bersifat sementara

Periset memperkirakan bahwa di Amerika Serikat, sekitar 50.000 wanita kandidat transplantasi rahim.

Kendati demikian, transplantasi bersifat sementara untuk memiliki satu atau dua anak, dan kemudian diangkat sehingga dia dapat berhenti minum obat untuk mencegah penolakan organ.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.