Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

5 Fakta Hubungan Seks Usai Melahirkan yang Perlu Wanita Tahu

Liputan6.com, Jakarta Kondisi melahirkan tak hanya mengubah status wanita menjadi ibu, melainkan juga mengubah kehidupan seks pasangan. Usai melahirkan, wanita memerlukan waktu untuk memulihkan kondisi tubuhnya, terutama mereka yang melahirkan normal.

Hingga tiba fase 40 hari usai melahirkan, Anda dan suami akan siap kembali ke ranjang untuk bercinta. Namun sudah siapkah Anda?

Bagi wanita yang melalui proses persalinan normal, ini akan membuat mereka sedikit tidak nyaman. Pasalnya, seks yang dilakukan berkaitan dengan area sensitif yang berkaitan dengan trauma. Ada kerusakan pada area tersebut.

Berikut adalah beberapa hal yang akan Anda rasakan saat bercinta usai persalinan, melansir laman Women'shealthmag, Jumat (15/12/2017):

1. Akan terasa menyakitkan

Tubuh akan mengalami banyak perubahan, tak terkecuali vagina, saat hamil dan melahirkan. Tentunya ini akan terasa sedikit menyakitkan untuk berhubungan seks. Apalagi jika Anda membutuhkan waktu pemulihan yang begitu lama.

Semakin lama pemulihan rasa bercinta kembali pertama kali akan terasa sakit. Dan ini berlaku pada wanita yang melakukan persalinan nomal atau caesar. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

 

1 dari 3 halaman

Elastisitas menurun

2. Sedikit berdarah dan bau

Usai melahirkan, ada baiknya Anda menggunakan ganjalan bantal. Ya, karena ada kemungkinan darah akan keluar dari dalam sana meski hanya sedikit. Selain itu lapisan edomentrium yang tadinya bewarna putih akan berubah jadi cokelat.

Menurut Jessica Shepherd, M.D., pakar kesehatan wanita dan ob-gyn, Anda harus waspada jika mencium bau tak sedap. Ini adalah tanda adanya infeksi jamur.

3. Elastisitas menurun

Dibutuhkan waktu untuk kembalinya elatisitas vagina ke normal. Berapa lama hal tersebut akan terjadi? Menurut Shepered, tergantung otot dasar panggul. Umumnya kisaran 3-6 bulan.

2 dari 3 halaman

Libido menurun

4. Libido menurun

Memiliki bayi adalah transisi besar, baik fisik maupun emosional. Anda mungkin merasa terputus dari pasangan Anda, mood menghilang karena sering bergadang.

Melihat pasangan seolah tak bergairah sehingga sering menolak ajakan bercinta. Ini adalah hal yang wajar, Anda dapat membicarakan apa yang dirasakan pada pasangan agar bisa saling mengerti satu sama lain.

5. Fungsi seksual akan kembali normal

Jangan takut jika Anda akan merasakan ketidaknyamanan dalam bercinta. Semuanya hanya butuh proses dan waktu. Fungsi seksual, keinginan, gairah, dan orgasme semuanya akan membaik dengan sendirinya. Anda hanya perlu bersabar.

Artikel Selanjutnya
3 Hal yang Diinginkan Suami dari Istri Soal Hubungan Seks
Artikel Selanjutnya
Ini Dia Sosok yang Sering Jadi Fantasi Seks Para Wanita