Sukses

Kebiasaan Malas Sehari-hari Timbulkan Bekas Jerawat Membandel

Bekas jerawat bisa hilang dengan mudah bila rajin melakukan ini.

Liputan6.com, Jakarta Bopeng akibat bekas jerawat dapat meninggalkan masalah besar. Selain kepercayaan diri menurun, dibutuhkan juga kesabaran lebih besar untuk menghilangkan masalah kulit satu ini.

Baca juga: 3 Cara Mudah Samarkan Bekas Jerawat

Menurut Dokter Ellen Theodora dari Klik Dokter, terdapat sejumlah cara untuk membantu melenyapkan bekas jerawat ini. Cara pertama yang harus dilakukan adalah menghindari wajah dari paparan sinar matahari.

Ellen, menjelaskan, paparan langsung sinar ultraviolet dapat memperlambat penyembuhan bekas jerawat, bahkan berisiko meninggalkan pigmentasi pada kulit.

Dia pun menyarankan agar kita pasien selalu memakai sunblock saat beraktivitas, terutama di luar ruangan.

Baca juga: Bekas Jerawat Hilang Sekejap dengan 4 Bahan Rumahan Ini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Lain Hilangkan bekas Jerawat

Itu saja tidak cukup. Hal lain yang harus dilakukan, tapi selalu disepelekan oleh kita adalah membersihkan wajah. Ellen menyayangkan orang-orang malas mencuci wajah sebelum tidur, terlebih jika sesudah menggunakan kosmetik. Padahal, itu tidak menimbulkan bekas jerawat.

"Kotoran yang tersisa di wajah jika tidak dibersihkan bukan hanya akan menumpuk menjadi sel kulit mati, tapi juga mengganggu perbaikan regenerasi sel baru pada kulit," kata Ellen dikutip dari situs Klik Dokter pada Jumat, 15 Desember 2017.

Apabila semua cara sudah dilakukan tapi bekas jerawat tak juga perlu, pilihan terakhir bisa Anda coba, dengan tindakan medis berupa chemical peeling, dermabrasi, laser, maupun penggunaan obat krim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.