Sukses

BPOM Imbau agar Hati-Hati Berikan Vaksin DBD pada Pasien

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengimbau, berhati-hati memberikan vaksin DengvaxiaÒ untuk pencegahan DBD.

Liputan6.com, Jakarta Dalam pemberian vaksin DengvaxiaÒ untuk pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengimbau agar hati-hati memberikan vaksin DBD pada pasien. Imbauan ditujukan terhadap tenaga Kesehatan Profesional dan semua pihak yang terkait untuk mengedepankan kehati-hatian.

Kehati-hatian ini demi keselamatan pasien, terutama pasien dengan seronegatif (ketiadaan antibodi terhadap patogan, tanpa antibodi). Imbauan BPOM dikeluarkan merespons adanya penghentian sementara penggunaan vaksin DengvaxiaÒ di Filipina. Kabar tersebut dikonfirmasi Sanofi sebagai produsen vaksin pada 30 November 2017.

Dalam konfirmasi Sanofi disebutkan, DengvaxiaÒ memberikan manfaat perlindungan terhadap pasien yang terkena infeksi DBD sebelumnya. Sementara itu, bagi orang yang sebelumnya tidak terinfeksi virus DBD, mereka justru terkena penyakit setelah divaksin DBD, seperti demam biasa, mual, muntah, serta mengalami nyeri tubuh.

Untuk keamanan penggunaan vaksin DengvaxiaÒ di Indonesia, BPOM juga telah meminta PT Aventis Pharma sebagai pemilik Izin Edar DengvaxiaÒ di Indonesia untuk memantau ketat penggunaan vaksin tersebut.

Pernyataan soal vaksin DBD ini dikeluarkan BPOM pada laman BPOM, Penjelasan BADAN POM RI Terkait Isu Kemanan Vaksin Dengue (Demam Berdarah), ditulis Jumat (15/12/2017).

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak ada laporan efek samping

Hingga saat ini, tidak ada laporan efek samping vaksin DengvaxiaÒ yang diterima oleh BPOM. Namun, BPOM terus mengingatkan agar tenaga kesehatan tetap berhati-hati memberikan vaksin DengvaxiaÒ kepada pasien.

BPOM juga sedang melakukan re-evaluasi keamanan dan manfaat produk vaksin DengvaxiaÒ ini. Re-evaluasi berupa memerhatikan hasil studi terbaru, data keamanan penggunaan vaksin DengvaxiaÒ di Indonesia, hasil evaluasi yang dilakukan oleh WHO dan rekomendasi Asosiasi Kesehatan Profesional yang terkait, seperti Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDA).

Sampai menunggu hasil re-evaluasi keamanan vaksin DengvaxiaÒ, BPOM merekomendasikan, tidak menggunakan vaksin DengvaxiaÒ pada kelompok individu dengan seronegatif.

Rekomendasi ini berlaku sampai menunggu dikeluarkannya pemberitahuan lebih lanjut.    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Demam berdarah dengue merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus dengue.

    Demam Berdarah Dengue

  • Demam berdarah dengue atau disingkat DBD, atau disebut juga demam dengue/demam berdarah, adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue.

    DBD

  • Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.

    vaksin