Sukses

Buwas Jadi Ikon Cerita Anak Adit dan Sopo Jarwo

Buwas, kependekan dari nama Kepala Badan Narkotika Nasional Budi Waseso, memang telah menjadi salah satu ikon dalam cerita anak Adit

 

Liputan6.com, Jakarta "Om Buwaaas disini ada bandar narkobaaa" teriak Adit. Seketika Om Buwas datang dengan vespa kuning dan meringkus Baron dan Barno yang sedang melakukan transaksi narkoba.

Ini adalah cuplikan dongeng Buwas bersama Adit dan Sopo Jarwo dalam Festival Mataram yang dihadiri seribu anak sekolah dasar di Bali, Jumat (15/12).

Kisah Om Buwas ini bercerita tentang bandar narkoba yang mengincar anak-anak sebagai target pasar mereka, tetapi berhasil digagalkan oleh Adit & Sopo Jarwo yang memanggil Om Buwas.

Buwas, kependekan dari nama Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso, memang telah menjadi salah satu ikon dalam cerita anak Adit dan Sopo Jarwo yang ditayangkan oleh sebuah saluran televisi nasional.

Melalui kegiatan yang digagas oleh Deputi Pencegahan BNN bersama SUV Brotherhood Indonesia dan Adventure documentary festival, Kepala BNN Budi Waseso hadir dan bermain seni peran dalam dongeng anak di Festival Mataram Kuno. Buwas bersama Adit dan Sopo Jarwo memberikan edukasi kepada anak-anak untuk menjauhi narkoba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Contoh sintetis

Selain mendongeng dalam acara yang diselenggarakan di Taman Budaya Art Center, Denpasar Bali tersebut Kepala BNN juga memberikan bibit tanaman dan papan informasi berupa sintetis narkoba secara simbolik kepada perwakilan sekolah dasar yang hadir.

"Ini adalah contoh sintetis dari narkoba, kalau ada yang ingin memberikan permen atau vitamin adik-adik harus berhati-hati dan bisa dicek di papan informasi ini apakah itu narkoba atau bukan", imbau Buwas seperti dikutip dari laman BNN seraya menunjukan papan informasi narkoba sintetik yang diberikan oleh BNN.

Selain Kepala BNN, hadir pula dalam Festival Mataram Kuno tersebut beberapa tokoh Bali diantaranya Raja Puri Agung Tegal Denpasar Anak Agung Ngurah Manik Danendra, Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta, dan Putri Anti Narkoba Bali. #stopnarkoba

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.