Sukses

6 Masalah yang Muncul Saat Kebanyakan Olahraga

Liputan6.com, Jakarta Saat ini semakin banyak orang yang semakin gemar olahraga. Hal ini sejalan dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan. Sayangnya, terkadang olahraga yang dilakukan terlalu berlebihan sehingga justru menimbulkan gangguan kesehatan.

Mengutip laman Step to Health, Kamis (14/12/2017), ada beberapa gejala yang akan dirasakan tubuh apabila seseorang terlalu banyak berolahraga, apa saja?

1. Lemas dan kelelahan

Saat terlalu banyak melakukan aktivitas fisik, bukannya menjadi kuat, justru Anda akan merasa lemas. Jika hal ini terjadi, akan dibutuhkan waktu lebih lama untuk merevitalisasi otot yang mengalami cedera selama berolahraga.

Alih-alih olahraga terlalu banyak, sebaiknya Anda berolahraga secukupnya agar tidak mengalami kelelahan dan jatuh sakit. Olahraga yang ideal adalah 30 menit setiap harinya.

2. Detak jantung meningkat

Terlalu banyak berolahraga juga bisa membuat detak jantung meningkat. Jika detak jantung meningkat di pagi hari, bisa jadi ini merupakan pertanda Anda terlalu banyak berolahraga.

Untuk mengetahuinya, periksakan detak jantung Anda secara rutin dan cari tahu apakah detak jantung meningkat drastis atau tidak.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Susah tidur

Gangguan tidur atau insomnia juga bisa dialami saat seseorang terlalu banyak berolahraga. Penyebabnya adalah produksi hormon stres yang meningkat akibat terlalu banyak berolahraga.

Terlalu banyak berolahraga akan membuat Anda sulit tidur meskipun Anda merasa sangat lelah.

4. Nyeri otot

Saat ada anggota tubuh yang sakit seperti nyeri otot, sebaiknya Anda menunda untuk berolahraga. Nyeri otot bisa terjadi saat seseorang terlalu banyak berolahraga.

Nyeri otot ini juga bisa disertai kram otot, kesemutan dan kejang otot.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Emosional

Salah satu tanda bahwa Anda berolahraga terlalu banyak adalah terus-menerus kesal, murung, dan marah. Meskipun olahraga dapat mengurangi stres dan ketegangan, namun jika Anda olahraga secara berlebihan efeknya bisa sebaliknya.

Alih-alih pergi ke gym, pilihlah aktivitas yang lebih santai, seperti mandi air panas, menonton film, atau tidur sebentar.

6. Stres

Sebagian orang yang berolahraga terlalu intens sering mengalami depresi dan mudah merasa sedih. Frustrasi dan kesedihan tidak akan bisa diatasi dengan berolahraga, melainkan melalui istirahat dan aktivitas lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.