Sukses

Ini Daftar Kosmetika Mengandung Bahan Berbahaya dari BPOM

Liputan6.com, Jakarta Senin lalu, tepatnya tanggal 11 Desember 2017, Badan POM RI (BPOM) menyelenggarakan Aksi Peduli Kosmetika Aman dan Obat Tradisional (OT) Bebas Bahan Kimia Obat (BKO). Pada kesempatan tersebut, BPOM mempublikasikan OT yang mengandung BKO dan kosmetika yang mengandung bahan berbahaya yang ditemukan sepanjang 2017 dalam bentuk peringatan publik/public warning.

Baca juga: Ini Daftar Obat Tradisional yang Mengandung Bahan Berbahaya

BPOM juga menemukan 26 jenis kosmetika yang mengandung bahan berbahaya. Bahan berbahaya yang paling banyak ditemukan adalah merkuri, bahan pewarna merah seperti K3 dan merah K10.

Ketiga bahan tadi bisa berbahaya untuk kesehatan. Merkuri bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker) dan teratogenik (mengakibatkan cacat pada janis).

Begitu juga dengan K3 dan K10 yang keduanya bersifat karsinogenik. Ada juga kosmetika yang mengandung bahan yang seharusnya tidak boleh ada, seperti Klindamisin.

Berikut daftar kosmetika yang mengandung bahan berbahaya seperti yang ditemukan oleh BPOM: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Daftar kosmetika berbahaya

3 dari 7 halaman

4-6

4 dari 7 halaman

7-10

5 dari 7 halaman

11-16

6 dari 7 halaman

17-22

7 dari 7 halaman

23-26

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.