Sukses

Nyeri Sendi Sering Muncul Saat Cuaca Hujan Ternyata Cuma Mitos

Ada anggapan, nyeri sendi lebih banyak dialami orang saat cuaca hujan, benarkah?

Liputan6.com, Amerika Serikat Anggapan nyeri sendi lebih banyak terjadi saat cuaca hujan dibantah para peneliti Harvard University, Inggris. Anggapan ini muncul 2.500 tahun lalu saat orang Yunani pertama kali menyadari, adanya hubungan antara rasa nyeri sendi dan cuaca.

Namun, para ilmuwan akhirnya menunjukkan, tidak ada hubungannya antara rasa nyeri dan cuaca. Studi terbaru mempelajari 11 juta kunjungan ke dokter umum yang dilakukan oleh lebih dari 1,5 juta pensiunan Amerika Serikat antara tahun 2008 dan 2012.

Hasil temuan, tidak ditemukan keterkaitan nyeri sendi dipengaruhi cuaca, menurut Profesor Anupam Jena dari Department of Health Care Policy Harvard Medical School.

"Kami tidak melihat adanya hubungan antara cuaca hujan dan laporan nyeri sendi atau sakit punggung pada pasien," jelas Profesor Anupam, dikutip dari Telegraph, Kamis (14/12/2017).

Penelitian soal nyeri sendi dan cuaca hujan ini dipublikasikan dalam edisi Natal BMJ (British Medical Journal).

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cuaca dan kesehatan

Anggapan sendi yang sakit dipengaruhi cuaca sudah ada sejak zaman purba. Keyakinan telah bertahan selama berabad-abad dan sampai sekarang. Hal ini dipengaruhi cerita rakyat.

Studi dari University of Manchester tahun lalu menemukan, seiring bertambahnya jumlah hari cerah dari bulan Februari sampai Juni, orang-orang dengan kondisi nyeri sendi kronis merasa lebih baik.

Namun, bila masuk cuaca hujan di bulan Juni dan lebih sedikit waktu matahari bersinar, rasa nyeri bisa bertambah sakit.

Para ilmuwan berspekulasi, perubahan tekanan udara dapat menyebabkan cairan di persendian bergeser, yang menyebabkan rasa nyeri, terutama orang yang menderita radang sendi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Nyeri sendi atau rematik merupakan gangguan nyeri pada persendian tubuh, yang diakibatkan oleh peradangan.

    Nyeri Sendi