Sukses

Cara ASI Lindungi Bayi dari Alergi

Makanan ibu saat hamil dan menyusui bisa bantu atasi alergi pada bayi lewat ASI, bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta ASI dari ibu menyusui yang mengonsumsi makanan yang umum menjadi penyebab alergi, seperti susu, telur, kacang, kecap, gandum, ikan dan kerang semasa hamil justru bisa membantu melindungi bayi. Bayi yang baru lahir bisa terlindungi dari pembentukan alergi terhadap makanan, menurut penelitian terbaru.

Studi ini menunjukkan, ibu hamil yang terekspos protein makanan akan menciptakan kombinasi dengan antibodinya, yang akan berpindah ke bayi melalui pemberian ASI. Kombinasi tersebut kemudian akan berkenalan dengan sistem kekebalan tubuh bayi, yang akan memicu produksi sel kekebalan tubuh bayi yang menekan reaksi alergi.

Sel-sel pelindung ini akan terus bertahan dalam tubuh untuk jangka waktu yang panjang. Bahkan walaupun si Anak sudah tidak menerima antibodi dari ibunya

Temuan ini mendukung penduan pencegahan alergi terbaru. Sebelumnya ibu disarankan untuk menghindari makan penyebab alergi saat masa kehamilan atau menyusui.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan saat hamil

"Studi terkendali ini menunjukkan, para ibu harus merasa bebas untuk mengonsumsi makanan sehat dan beragam diet semasa kehamilan dan menyusui,” ujar James R. Baker, professor pada University of Michigan, melansir Times of India, Kamis (14/12/2017).

"Memakan berbagai macam makan bernutrisi ketika hamil dan menyusui tidak akan menyebabkan terjadinya alergi makanan pada masa pertumbuhan bayi, dan bahkan mungkin melindungi mereka dari alergi makanan,” ujar Baker.

Studi yang dipimpin oleh University of Michigan ini dipublikasikan di Journal of Experimental Medicine.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini