Sukses

Manfaat Anggur, Bikin Kulit Kinclong hingga Sehatkan Jantung

Pengin tahu apa saja khasiat anggur untuk kesehatan tubuh kamu?

Liputan6.com, Jakarta Beruntunglah kamu yang suka makan buah, terutama anggur. Banyak studi membuktikan jika buah berwarna ungu atau hijau ini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Pengin tahu apa saja khasiat anggur untuk kesehatan tubuh kamu? Simak daftarnya berikut ini, dilansir dari Good Housekeeping, Rabu (13/12/2017).

1. Bantu menjaga berat badan

Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam buah anggur. Namun, senyawa antioksidan yang disebut flavanoids adalah yang ampuh menjaga berat badanmu.

Studi pada 2016 membuktikan, pola makan kaya flavanoid baik untuk menjaga berat badan tetap stabil. Satu cangkir anggur mengandung 100 kalori sehingga cocok dijadikan camilan kaya nutrisi, tapi rendah kalori.

2. Makanan antiperadangan

Antioksidan dalam anggur melindungi membran sel sehingga mengurangi kerusakan sel.

 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Baik untuk jantung

3. Baik untuk jantung

Beberapa senyawa yang ditemukan dalam anggur membantu mengatur tekanan darah, mengurangi peradangan akibat stres oksidatif, meningkatkan peredaran darah, serta melindungi sistem vaskular.

4. Menyehatkan otak

Polifenol dalam anggur membantu meningkatkan daya kognitif dan melindungi fungsi otak. Zat ini juga berperan memberi sinyal neurotransmitter dan mengurangi risiko oksidasi berbahaya, yang keduanya kerap dikaitkan dengan berkurangnya risiko penurunan daya kognitif.

5. Membuat kulit indah

Fitonutrien yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna kebiruan atau ungu membantu melindungi sel kulit dari efek radiasi ultraviolet. Begitu menurut beberapa studi kecil.

3 dari 3 halaman

Menurunkan risiko diabetes

6. Menurunkan risiko diabetes

Resveratrol, salah satu antioksidan yang meningkatkan sistem imun juga ditemukan di anggur.

Resveratrol kerap digunakan untuk memperbaiki kadar gula darah melalui metabolisme karbohidrat. Namun, makanan atau minuman dengan perisa anggur justru kurang baik untuk kesehatan karena mengandung banyak gula. Maka dari itu pastikan kamu mengonsumsi anggur segar.

7. Mencegah dehidrasi

Ada 82 persen air dalam anggur. Itu sebabnya anggur baik untuk menghidrasi tubuh. Bila kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi maka kulit, proses regenerasi sel, serta kesehatan secara keseluruhan juga akan terjaga.

8. Mengurangi risiko kanker

Makanan kaya antioksidan seperti anggur mampu mengurangi risiko kanker karena melindungi sel DNA, mengurangi stres oksifatif, serta meminimalisir reaksi yang memicu berkembangnya tumor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.