Sukses

Kanker Tenggorokan Intai Orang yang Malas Sikat Gigi

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang malas sikat gigi setiap pagi sesudah makan dan sebelum tidur, coba pikir-pikir lagi. Studi menemukan ada hubungan antara kebiasaan malas sikat gigi dengan meningkatnya risiko terkena kanker tenggorokan.

Orang yang malas sikat gigi menimbulkan masalah pada gusi atau penyakit periodental. Studi dalam jurnal Cancer Research menunjukkan, periodental disease memiliki hubungan dengan angka kejadian kanker esofagus atau kanker yang terjadi dari tenggorokan hingga perut.

Studi ini mengambil sampel cairan mulut dari 122 ribu orang. Sekitar 10 tahun kemudian ada 106 orang dengan kanker esofagus.

Peneliti mendapati orang dengan kanker tenggorokan cenderung memiliki tingkat bakteri Tannerella forsythia dan Porphyromonas gingivalis yang tinggi di mulut. Dua bakteri ini meningkat karena kebiasaa tidak menyikat gigi secara teratur. Yang lama-kelamaan menimbulkan masalah gusi seperti mengutip laman Prevention, Rabu (13/12/2017).

Sayangnya, peneliti tidak memiliki informasi lengkap mengenai kesehatan mulut partisipan. Sehingga mungkin ada faktor selain kehadiran dua bakteri tersebut penyebab kanker tenggorokan.

Walau begitu, studi terdahulu sudah menyebutkan penyakit gusi terkait dengan meningkatnya risiko kanker mulut, kepala dan leher. Jadi, tak perlu ragu untuk sikat gigi rutin setiap pagi dan malam sebelum tidur.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara menyikat gigi yang tepat

Menyikat gigi setiap hari saat pagi dan malam sebelum tidur dapat menghindarkan Anda dari berbagai masalah mulut seperti gigi berlubang, penyakit gusi, dan bau mulut tidak sedap.

Cara menyikat gigi yang tepat yakni dengan gerakan sikat gigi dari gusi ke arah gigi. "Agar kotoran terlepas dan tidak menumpuk di area gusi," kata drg Erny Carolita dalam program video Be Healthy ditulis Rabu (13/12/2017).

Jika Anda khawatir masih ada sisa makanan dan bakteri yang bersembunyi dengan menyikat gigi, gunakan benang gigi atau dental floss. Gunakan sebelum menyikat gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.