Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Sebelum Bercinta, Ketahui 3 Infeksi Menular Seksual Ini

Sebelum bercinta, Anda perlu mengetahui beberapa jenis infeksi menular seksual (IMS) yang umum terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Bercinta dapat meningkatkan risiko infeksi menular seksual (IMS) bila Anda tidak terlindungi dengan baik. Penggunaan kondom adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari IMS, juga kehamilan yang tidak diinginkan.

Ada beberapa jenis IMS yang perlu diketahui, dilansir dari Express, Selasa (12/12/2017). Jika Anda mengalami masalah IMS, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Chlamydia

Chlamydia adalah salah satu IMS paling umum di Inggris, menurut National Health Service. Chlamydia termasuk jenis IMS yang paling mengkhawatirkan. Ini karena seseorang tidak merasakan dan mengalami gejala sehingga mereka tidak tahu bila terinfeksi.

Pada wanita, gejala meliputi rasa nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil dan keputihan. Selain itu, rasa nyeri terjadi di perut bagian bawah saat berhubungan seks dan perdarahan saat menstruasi.

Pada pria, rasa nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil juga terjadi. Adanya cairan berwarna putih atau berair yang keluar dari ujung penis. Gejala infeksi menular seksual juga terasa nyeri pada testis. Jadi, harus hati-hati sebelum bercinta.

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sifilis

Sifilis sangat menular, yang disebabkan infeksi bakteri. NHS memperingatkan, gejala tahap awal itu tidak menimbulkan rasa nyeri. Gejala yang paling khas berupa luka di sekitar mulut atau alat kelamin.

Luka ini bisa berlangsung sampai enam minggu. Setelah muncul luka, penderita juga mengalami ruam dan rambut tiba-tiba menjadi rontok.

Herpes pada alat kelamin

Infeksi ini dipicu virus herpes simpleks, yang juga menyebabkan luka (lecet). Penderita akan mengalami lecet yang menyakitkan di area alat kelamin, menurut NHS. Herpes juga bisa membuat penderita merasa gatal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.