Sukses

Kini, Ada Prodia Senior Health Center Khusus untuk Para Lansia

Pusat layanan kesehatan Prodia kini membuka layanan kesehatan geriatri bernama Prodia Senior Health Center

Liputan6.com, Jakarta Peningkatan jumlah penduduk berusia lanjut di Indonesia menunjukkan angka yang cukup signifikan. Walaupun pertumbuhannya tidak setinggi populasi usia produktif, tetapi angka harapan hidup masyarakat Indonesia meningkat. Sebelumnya, usia harapan hidup di Indonesia di bawah 70 tahun, kini sudah di atas 70 tahun.

Data Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2014 menunjukkan, penduduk berusia senior di Indonesia berjumlah sekitar 20 juta jiwa atau 8,03 persen dari seluruh penduduk. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat pada 2030. Lebih lanjut, peningkatan proporsi penduduk senior juga diperkirakan akan meningkat 13 persen pada 2025 dan 25 persen pada 2050.

Peningkatan jumlah penduduk senior tersebut perlu diimbangi dengan kesejahteraan kesehatan mereka. Jika para senior sehat, maka mereka tetap bisa berkontribusi kepada masyarakat dan dapat hidup mandiri.

Melihat fenomena tersebut, PT Prodia Widyahusada Tbk membuka Prodia Senior Health Center (PSHC). Pusat layanan kesehatan geriatri pertama di Indonesia ini didirikan untuk meningkatkan kebugaran dan stamina para senior, sehingga terhindar dari penyakit degeneratif atau komplikasinya.

Berbeda dengan laboratorium Prodia lainnya, PSHC ini khusus melayani pelanggan berusia 45 tahun ke atas dan alat-alatnya lebih lengkap untuk menunjang pelayanan kesehatan para masyarakat senior.

"Prodia  Senior Health Center menyediakan fasilitas dan layanan kesehatan khusus bagi para pelanggan usia lanjut agar selalu sehat, aktif, dan mandiri. Kami berharap Prodia Senior Health Center dapat menjadi pusat layanan kesehatan geriatri yang andal dan terdepan di Indonesia," ujar Direktur Utama Prodia, Dewi Muliaty, dalam acara peresmian Prodia Senior Health Center, di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (12/12/2017).

Salah satu pasien sedang mencoba layanan fisioterapi di Prodia Senior Health CenterSalah satu layanan utama di PSHC adalah ProHealthy Brain (PHB), yaitu pemeriksaan risiko demensia. Demensia sendiri merupakan penurunan kemampuan fungsi otak dan penyebab kematian ke-empat tertinggi di Indonesia.

"Prodia  Senior Health Center mengawali pelayanannya dengan berfokus pada penyediaan paket pemeriksaan ProHealthy Brain sebagai salah satu upaya preventif untuk mencegah demensia. ProHealthy Brain Package ini terdiri dari pemeriksaan dokter, pemeriksaan fungsi kognitif, pemeriksaan laboratorium lengkap, dan pemeriksaan pendukung lainnya," ucap Project Manager Prodia Senior Health Center, Nelly Sari.

Layanan kesehatan khusus lain yang dimiliki PSHC adalah telomere analysis, akupuntur medik, dan Bone Mineral Density (BMD) Scan. Telomere analysis sendiri merupakan pengukuran usia biologis seseorang dan dibandingkan dengan usia kronologisnya.

Akupuntur medik merupakan pengobatan lokal yang ditujukan untuk pasien yang terlalu banyak mengonsumsi obat atau bagi pasien yang belum tertangani secara optimal oleh metode pengobatan Barat. Sementara itu, BMD scan adalah pengukuran kepadatan massa tulang, sekaligus untuk mengecek gejala osteoporosis.

PSHC pun menyediaan layanan kesehatan usia lanjut umum lainnya, antara lain penyuluhan kesehatan dan perilaku hidup sehat, deteksi dini dan pemantauan kesehatan pelanggan usia lanjut, pengobatan ringan, layanan fisioterapi dan rehabilitasi medik, vaksinasi, serta layanan konsultasi dengan dokter. Selain itu, mereka juga memiliki ruang IGD untuk memberikan pertolongan pertama dan layanan home care.

Jika Anda ingin memeriksakan diri atau mencari informasi lebih lanjut, silakan kunjungi Prodia Senior Health Center di Jl. Metro Pondok Indah TB-31 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, atau buka laman situsnya di www.prodia.co.id.

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.