Sukses

Meski dilakukan Selebriti, 4 Jenis Diet Ini Tak Perlu diikuti

Liputan6.com, Jakarta Untuk punya tubuh langsing dan ideal, seringkali para wanita mengikuti pola diet para idolanya. Padahal, tidak semua jenis diet yang dijalani oleh publik figur bisa dijalani oleh semua orang. Terkadang, diet tersebut justru bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

Mengutip laman Independent, Selasa (12/12/2017), menurut British Dietetic Association setidaknya ada empat jenis diet yang dijalani selebriti Hollywood yang tidak boleh diikuti.

1. Vegan raw

Vegan raw atau diet makanan mentah merupakan diet yang dilakukan dengan hanya mengonsumsi sayuran mentah. Saat menjalani diet ini, seseorang biasanya menghindari semua makanan yang berasal dari hewan atau makanan yang dipanaskan sampai di atas 48 derajat celcius.

Beberapa selebriti seperti Megan Fox, Gwyneth Paltrow dan Sting merupakan seleb yang menerapkan diet jenis ini.

Menurut the British Dietetic Association, sebaiknya diet ini tidak diikuti. Alasannya adalah jika makanan dimasak maka enzim alami yang dikandungnya akan mudah dicerna, sebaliknya, jika tidak dimasak, berarti tubuh harus bekerja lebih keras untuk memecah dan mencernanya.

2. Alkaline

Dipopulerkan oleh Natasha Corrett, konsep diet alkali dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang dimaksudkan untuk mengubah keseimbangan pH tubuh Anda. Sayangnya, tidak ada bukti ilmiah bahwa diet ini baik untuk dijalani.

Menurut Natasha, dalam menerapkan dietnya, sangat penting untuk menghindari gluten, gula halus dan susu. Namun, menurut Cancer Research UK, bagaimanapun, pH makanan Anda tidak mempengaruhi pH darah Anda.

"Jadi jika berhasil menurunkan berat badan, itu karena Anda mengurangi kalori," kata Porter, peneliti kanker.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

1 dari 2 halaman

3. Pioppi

Mirip dengan diet Mediterania, diet Pioppi melibatkan makan rendah karbohidrat dan lemak tinggi, dengan banyak buah dan sayuran, ikan, minyak zaitun dan menghindari alkohol.

Selain itu, diet ini juga menganjurkan puasa intermiten sambil mengurangi asupan daging merah, karbohidrat dan gula. Puasa intermiten sendiri merupakan puasa berselang satu hari.

Namun menurut Porter, meski diet Mediterania adalah makanan paling sehat untuk diikuti, tapi bukan berarti hal itu berlaku untuk diet Pioppi.

"Kita semua tahu sekarang bahwa diet ala Mediterania adalah salah satu makanan yang paling sehat untuk diikuti. Tapi itu bukan konsumsi rendah karbohidrat, "kata Porter.

4. Ketogenik

Diet ketogenik atau diet keto adalah diet dengan menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Kim Kardashian, Alec Baldwin dan Kobe Bryant merupakan seleb yang menerapkan diet tersebut.

Diet ini bertujuan untuk menempatkan tubuh dalam keadaan ketosis, di mana Anda membakar lemak untuk mendapatkan energi, bukan dari glukosa karbohidrat.

Jika menjalankan diet ini, Porter menilai orang tersebut akan kehilangan banyak serat dari makanan. Hal ini sangat penting bagi kesehatan usus.

Meskipun Anda mungkin bisa menurunkan berat badan dalam waktu singkat, namun menurut Porter Anda akan sangat sulit untuk mempertahankannya.

Artikel Selanjutnya
Ini Bahaya Jika Wanita Hamil Nekat Lakukan Diet Mayo
Artikel Selanjutnya
Saat Diet, 5 Kesalahan Ini Paling Sering Wanita Lakukan