Sukses

3 Tips Ajarkan Anak Kebiasaan Sehat

Kebiasaan sehat pada anak sebaiknya mulai diajarkan sejak anak masih kecil agar saat dewasa sudah terbiasa melakukannya.

Liputan6.com, Jakarta Orangtua perlu mengajari anak kebiasaan sehat. Kebiasaan sehat dapat diajarkan sejak anak masih kecil. Ketika dewasa, anak akan terbiasa menerapkannya.

Seiring usia dan kemampuan perkembangan, anak akan terbiasa menerapkan perilaku hidup sehat, seperti makan dan perawatan diri. Ada beberapa tips mengajarkan kebiasaan sehat anak, dilansir dari Psychcentral, Selasa (12/12/2017).

Orangtua jadi model

Orangtua bisa menjadi model dan contoh bagi anak. Ketika anak-anak melihat orangtua berolahraga, mereka cenderung melakukan aktivitas tersebut. Batasi waktu bermain gawai atau menonton tv. 

Sebagai gantinya, ajak anak beraktivitas di luar. Anak menjadi lebih aktif dan berenergik dengan beraktivitas di luar rumah. Jika anak ingin bermain gawai, batasi bermain tidak lebih dari satu jam sehari. 

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sediakan makanan sehat

Makanan sehat, baik camilan dan makanan berat harus tersedia. Jika Anda membawakan bekal makan siang sekolah anak-anak. Sisipkan buah dan sayur.

Mintalah anak bicara, buah atau sayuran apa yang disukai untuk dimakan.

 

3 dari 3 halaman

Bantu Anak Berperilaku Sehat

Berbagai keterampilan hidup perlu dipelajari anak-anak. Misal, perawatan diri (mandi, cara berpakaian), melakukan pekerjaan rumah tangga, dan mengelola uang.Salah satu cara anak belajar adalah mencontoh orang dewasa.

Temukan cara untuk membantu anak Anda mempraktikkan keterampilan tersebut dengan cara yang menyenangkan. 

Anda bisa minta anak membantu membuat jadwal, apa yang perlu dilakukan dalam satu hari. Tidak ada kata terlambat untuk mulai belajar kebiasaan sehat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.