Sukses

Awas, 5 Kebiasaan Ini Bikin Keriput Cepat Hadir

Namun segala usaha agar tak cepat keriput bakal sia-sia bila memiliki kebiasaan-kebiasaan berikut.

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua orang berharap keriput dan garis-garis halus di wajah bisa hadir melambat. Terlebih pada wanita. Kaum hawa akan berusaha dengan segala perawatan kulit agar kulit tidak cepat keriput.

Namun segala usaha agar tak cepat keriput bakal sia-sia bila memiliki kebiasaan-kebiasaan berikut. Apa saja?

Mengutip laman Health, Minggu (10/12/2017) berikut selengkapnya.

1. Melakukan banyak kegiatan di waktu bersamaan (multitask)

"Banyak yang berpikir multitasking itu baik, tapi faktanya hanya akan membuat Anda stres," kata Kepala Petugas Medis St. Joseph Hospital di Orange, California.

Seperti diketahui stres membuat seseorang jadi tampak lebih cepat tua karena keriput hadir lebih dini.

2. Merokok dan menyedot minuman

Minum sesuatu yang berwarna memang bisa membuat gigi tidak ternoda. Di sisi lain, aktivitas menyedot membuat muncul garis-garis halus di sekitar bibir.

Hal yang sama pun terjadi pada orang merokok seperti disampaikan dermatolog asal New York, Janet Prystowsky. Jadi pertimbangkan kebiasaan tersebut jika tak ingin keriput cepat hadir ya. 

 

Saksikan juga video berikut ini:  

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidur dengan wajah menempel di bantal

3. Tidur dengan wajah di bantal

Tidur dengan sisi perut dan wajah di basah memicu keriput datang lebih cepat.

"Hal ini membuat jaringan dan kolagen di wajah jadi lemah dan kurang suportif seiring bertambahnya usia," kata pakar kecantikan dan bedah plastik, James Marrota.

4. Setop konsumsi makanan berlemak

Jangan menghindari lemak. Malah lemak sehat dibutuhkan tubuh untuk menjaga peremajaan kulit seperti disampaikan ahli nutrisi bersertifikat asal New York, Franci Cohen.

"Makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti yang terdapat di ikan laut (salmon dan mackarel) dan beberapa jenis kacang-kacangan menjaga kulit tetap kencang, mencegah kerutan serta menjaga kesehatan jantung dan otak," kata Franci.

5. Pakai makeup tebal

Memakai makeup tebal memang bisa menyamarkan kulit keriput, tapi jika terus menerus begitu mempercepat kehadiran garis-garis halus lainnya.

Menurut dermatolog asal San Diego, Susan Stuart menggunakan produk kulit dengan pewangi dan alkohol bisa membuat minyak alami kulit berkurang. Nah, berkurangnya kadar minyak di wajah inilah yang membuat muncul garis-garis halus dan keriput lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Keriput adalah salah satu proses penuaan yang normal terjadi pada semua orang. Keriput dapat terjadi pada seluruh kulit pada tubuh.

    keriput