Sukses

Keliru, Kebiasaan Makan Buah seperti Ini Picu Diabetes

Kebiasaan makan buah yang tidak tepat bisa menyebabkan diabetes

Liputan6.com, Jakarta Penyakit diabetes terus menjadi perhatian. Setiap tahunnya jumlah pasien kondisi ini semakin bertambah. Pada 2030, orang yang terkena diabetes diperkirakan akan mencapai angka 360 juta jiwa.

Menanggapi hal itu, Anda tentu harus lebih gencar dalam menerapkan gaya hidup sehat. Tidak hanya berolahraga secara rutin dan teratur, tetapi juga mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Berbicara tentang makanan, salah satu asupan yang baik untuk mencegah diabetes adalah buah. Ini karena buah mengandung serat yang tinggi, sehingga membuat kenyang lebih lama tanpa menaikkan kadar gula darah.

Namun sayangnya, tak banyak yang tahu bahwa ternyata buah juga dapat memicu diabetes bila dikonsumsi dengan cara yang salah. Seperti apa kebiasaan makan buah yang salah tersebut?

(dr. Sepriani Timurtini Limbong/Klik Dokter)

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mengonsumsi Buah Kaleng Ketimbang Buah Segar

Buah dalam kaleng mengandung gula tambahan yang sangat tinggi. Apabila dikonsumsi dalam jumlah tidak tepat dan berkelanjutan, hal ini akan meningkatkan risiko diabetes.

Tak hanya itu, dalam buah kalengan pun terdapat zat pengawet. Bila zat ini masuk ke dalam tubuh secara terus-meterus, bukan tidak mungkin hal-hal buruk akan terjadi pada tubuh Anda.

 

3 dari 4 halaman

2. Jus Buah

Sebuah laporan penelitian yang dimuat di Diabetes Care tahun 2008 membandingkan konsumsi buah segar dan jus buah dengan kejadian diabetes mellitus.

Mereka yang mengonsumsi jus buah diketahui memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami diabetes dibandingkan yang mengonsumsi buah segar.

 

4 dari 4 halaman

3. Salad Buah Pakai Mayones

Tidak ada yang salah dengan salad buah. Tetapi Anda perlu berpikir dua kali bila ingin menambahkan mayones dalam penyajiannya.

Mayones mengandung lemak yang tinggi. Di dalam tubuh, lemak ini akan diubah menjadi gula sederhana, yang cepat atau lambat dapat memicu diabetes.

Konsumsi buah memang baik, tetapi Anda harus tahu bagaimana cara megonsumsi yang baik dan benar. Jangan sampai kebiasaan makan buah yang seharusnya mendatangkan manfaat sehat, malah berujung pada penyakit diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

  • buah