Sukses

Takaran Air yang Harus Diminum Saat Diare, Jangan Sampai Kurang

Diare menyebabkan pasiennya mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, banyak minum menjadi solusinya

Liputan6.com, Jakarta Diare adalah salah satu gejala penyakit yang paling sering dialami oleh semua orang. Kasusnya bisa mencapai 2 juta per tahun, dengan anak-anak sebagai penderita terbanyak. Keluhan diare ini bisa terasa ringan hingga berat dan mengancam jiwa.

Diare dapat menimbulkan komplikasi pada penderitanya, seperti kekurangan cairan (dehidrasi) dan kekurangan elektrolit. Hal ini bisa terjadi karena saat diare, fungsi usus terganggu. Alhasil, cairan yang didapat dari asupan makanan dan minuman tidak dapat diserap oleh usus dengan baik.

Bila asupan cairan lebih sedikit dibandingkan cairan yang keluar saat diare, hal tersebut dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dalam tubuh dapat menyebabkan penurunan volume cairan dalam tubuh. Ketika tubuh tidak dapat melakukan kompensasi terhadap hal ini, tekanan darah pun ikut turun drastis.

(dr. Andika Widyatama/Klik Dokter)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akibat Diare

Penurunan ini mengganggu pasokan oksigen ke sel-sel tubuh sehingga kerja organ vital pun ikut terhambat. Bila kondisi tersebut tidak diatasi segera, pada akhirnya dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan elektrolit, kejang, gagal ginjal, penurunan kesadaran, bahkan kematian.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat Anda diare. Yang paling mudah adalah Anda harus banyak minum cairan. Orang yang sedang diare diharuskan minum setidaknya 1,7 liter cairan per 24 jam, atau kurang lebih setara dengan 7 gelas air berukuran 240 mL.

Menurut WHO, meminum air yang dicampur garam dan gula efektif dalam mengatasi lebih dari 90% kasus diare yang tidak parah. Larutan tersebut dapat diserap oleh usus untuk menggantikan kehilangan cairan dan elektrolit.

Jangan anggap sepele bila Anda mengalami diare karena hal yang mengancam jiwa pun bisa terjadi begitu saja. Penuhilah kebutuhan tubuh Anda akan cairan saat diare. Tanpa pemasukan cairan yang memadai, organ-organ tubuh Anda tak akan berfungsi secara maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diare adalah kondisi di mana feses yang dikeluarkan encer atau berair dengan frekuensi lebih sering daripada biasanya.

    Diare

  • Dehidrasi merupakan kondisi jumlah cairan yang keluar dari tubuh lebih banyak dari jumlah cairan yang masuk.

    Dehidrasi

Video Terkini