Sukses

4 Trik Cerdik Bayi Tetap Aman Saat Mandi

Liputan6.com, Jakarta Ketika mandi, tubuh bayi menjadi sangat basah dan licin. Apalagi bayi terkadang tidak bisa diam saat dimandikan. Kaki dan tangannya terus bergerak. Ini menimbulkan risiko, bayi bisa mengalami cedera saat mandi. 

Tangan Anda tentu harus kuat memegang tubuh bayi agar tidak terlepas dari bayi. Untuk itu, ada beberapa tips cerdik yang akan menjaga bayi tetap aman saat mandi, dilansir dari Today's Parent, Jumat (8/12/2017).

Pengawasan orang dewasa

Menurut Stephanie Cowle, koordinator promosi kesehatan di Parachute Canada, saat mandi, bayi perlu diawasi tiap saat. Bayi bisa tenggelam meski 2-5 cm di air dalam hitungan detik.

Sebaiknya, bayi harus dalam pengawasan orang dewasa saat mandi. Hindari mengandalkan anak lain, seperti saudara kandung si bayi.

Perlengkapan mandi bayi dalam jangkauan tangan

Persiapan adalah kunci. Buatlah daftar perlengkapan mandi bayi yang diperlukan. Pastikan perlengkapan mandi berada dalam jangkauan tangan Anda dan dekat bak mandi.

Perlengkapan mandi harus mencakup handuk, sabun, sampo, popok, dan pakaian ganti untuk bayi. Jika Anda harus meninggalkan kamar mandi, bawalah bayi. Jangan sekali-kali meninggalkan bayi sendirian di bak mandi.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

1 dari 2 halaman

Periksa suhu air

Sebelum bayi dimandikan, pastikan air di bak mandi berada pada suhu yang tepat. Ini karena kulit bayi lebih sensitif dan bisa terbakar lebih cepat bila air masih terlalu panas.

Suhu air harus suam-suam kuku. Rasakan suhu air dengan pergelangan tangan, siku atau lengan bawah Anda.

Risiko di Balik Memandikan Bayi Terlalu Lama

Tetap kering

Ketika mandi, semua percikan dan tumpahan air akan berada di sekitar area bak mandi. Agar mencegah terjadinya kejadian terpeleset, yang berbahaya bagi Anda dan bayi.

Sebaiknya seka tumpahan air dengan handuk dan taruh keset di lantai.

Artikel Selanjutnya
Bawa Balita Saat Libur Panjang? Kemas Barang Ini dalam Tas Anda
Artikel Selanjutnya
Trik Cerdas Tidur Lebih Cepat Ketika Stres