Sukses

Begini Pola Hidup Sehat Menurut Chef, Pekerja, dan Dokter

Banyak jalan menuju pola hidup sehat. Nah, apa jadinya kalau tiga profesi berbeda mendefinisikan konsep gaya hidup sehatnya?

Liputan6.com, Jakarta Konsep tentang hidup sehat seringkali diartikan secara berbeda oleh setiap orang. Ada yang mengartikan hidup sehat sebagai pola hidup dengan makan sehat. Ada pula yang menganggap hidup sehat jika rajin olahraga.

Ternyata, konsep hidup sehat juga diartikan secara berbeda oleh chef, pekerja dan dokter. Ketiganya, memiliki konsep hidup yang berbeda-beda.

1. Sehat itu seimbang

Menurut chef Arimbi Nimpuno, konsep hidup sehat itu apabila segala sesuatunya dilakukan secara seimbang. Hal itu meliputi makan, olahraga, dan istirahat.

"Hidup sehat itu berarti semuanya balance. Enggak ada diet ekstrem atau olahraga ekstrem. Sebaliknya, harus makan makanan yang sehat, tidur cukup dan olahraga teratur," ucap chef Arimbi saat ditemui di acara demo masak bersama Philips di Hotel Shangrila, Jakarta Pusat pada Kamis (7/12/2017).

 

Simak juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan bergizi dan sehat

2. Makan bergizi

Sementara itu, menurut Head of Personal Health Philips Indonesia, Yongky Sentosa, hidup sehat adalah saat seseorang mampu berolahraga dan olahraga sesuai porsinya.

"Hidup sehat berarti kita harus pastikan makanan yang dikonsumsi, enggak hanya fokus olahraga. Olahraga kan lagi tren. Kadang banyak juga orang yang olahraga, tapi mereka melupakan makan sehatnya. Jadi intinya kombinasi makan dan olahraga secara tepat," katanya.

Meski kedua jawaban tersebut sudah cukup mewakili konsep hidup sehat, namun apakah keduanya sudah tepat?

3. Sehat ala dokter

Menurut dokter spesialis gizi, Cindiawaty Pudjiadi, pola hidup sehat tidak cukup hanya dengan makan, tidur dan olahraga. Lebih dari itu, sehat merupakan kondisi yang baik secara keseluruhan, meliputi fisik, mental dan spiritual.

"Hidup sehat itu harus sehat secara fisik, mental dan spiritual. Jadi keseluruhanmya mesti sehat. Itu semua bisa terwujud kalau didukung banyak hal, seperti makan sehat, olahraga teratur dan istirahat. Selain itu, harus dijaga agar tidak stres," kata dr. Cindi.

Nah, Anda termasuk ke gaya hidup sehat yang mana?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.