Sukses

Ritual Sebelum Tidur untuk Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda sedang berencana untuk menurunkan berat badan, ini waktunya untuk mengatur ulang waktu malam Anda. Terlepas dari pergi ke fasilitas olahraga, melakukan yoga atau aerobic dan mengikuti beberapa program diet, hal penting lainnya untuk Anda lakukan adalah memperhatikan kegiatan Anda dimalam hari.

Beberapa ritual di malam hari ini memainkan peranan penting untuk menurunkan berat badan Anda. Berikut beberapa tips untuk mencapainya, seperti dilansir dari laman Times Of India, Jumat (7/12/2017)

Berolahraga di malam hari: 

Banyak yang meyakini, melakukan aktivitas olahraga yang berdekatan dengan waktu tidur akan mengganggu tidur, namun untungnya hal tersebut tidaklah benar. Sebuah survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation pada tahun 2013 menemukan, 56 hingga 67 persen orang yang tetap aktif hingga mendekati jam tidurnya mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Tetap aktif sepanjang hari dan berolahraga kapanpun juga memberikan keuntungan yang sama.

Berolahraga di malam hari juga memiiliki beberapa manfaat, termasuk Anda bisa menghilangkan stres setelah beraktivitas pada hari itu. Lagipula, melakukan aktivitas olahraga selagi Anda tidak mengantuk dan juga akan membantuAnda tertidur lebih baik.

Anda bisa melakukan yoga sebagai bentuk aktivitas olahraga sebelum Anda pergi tidur. Namun jangan lupa untuk  memberi jarak sebanyak 2 jam antara waktu makan dan olahraga untuk bantu turunkan berat badan.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

1 dari 3 halaman

Menyiapkan makan siang Anda:

Rasa malas untuk menyiapkan makan siang dan lebih memilih untuk membeli bisa menjadi penyebab Anda tidak bisa menurunkan berat badan. Menurut sebuah studi, jajan di luar bisa memberikan kalori dua kali lipat dibanding menyiapkan dan membuat makanan sendiri.

Menyiapkannya di pagi hari hanya akan membuat Anda menjadi terburu-buru dan tidak semua orang bisa melakukannya. Namun Anda bisa melakukan persiapan awal di malam hari, seperti memotong terlebih dulu bahan-bahan yang Anda butuhkan dan menyiapankannya dalam satu wadah untuk bisa langsung Anda masak paginya.

Tidur dalam keadaan gelap gulita: 

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Pineal Research, ketika Anda tidur hormon melatonin akan membantu tubuh untuk memproduksi lemak cokelat yang akan membantu tubuh membakar kalori.

Tubuh Anda memproduksi melatonin ketika Anda sedang dalam keadaan gelap, jadi pastikan kamar Anda dalam kondisi gelap sebelum Anda tertidur untuk membantu program menurunkan berat badan Anda.

2 dari 3 halaman

Jangan meminum air satu jam sebelum tidur:

Air membantu tubuh Anda untuk mendetoks racun dengan mengeluarkannya dalam bentuk urin dan keringat. Untuk menghindari terganggunya tidur yang mengharuskan Anda terbangun di malam hari untuk pergi ke toilet, Anda disarankan untuk tidak meminum air satu jam sebelum tidur.

Hal ini penting untuk diingat karena tidur yang berkualitas sangatlah penting untuk menurunkan berat badan Anda.

Sedikit cabai rawit sebelum tidur: 

Menurut banyak penelitian, salah satu cara yang paling efektif untuk membakar lemak adalah dengan mengkonsumsi cabai rawit (cayenne pepper). Ketika Anda tidur tubuh akan membakar lemak dan menambahkan cabai rawit pada menu makanan Anda bisa membantu proses pemabakran tersebut.

Secara keseluruhan tidur Anda memainkan peranan penting untuk mengurangi berat badan Anda, jadi pastikan Anda mendapatkan tidur yang berkualita untuk mencapai target berat badan yang Anda inginkan.

Artikel Selanjutnya
3 Minuman Alami Ini Bantu Anda Lebih Mudah Tidur
Artikel Selanjutnya
Be Healthy: Risiko Turunkan Berat Badan Terlalu Cepat