Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Selain Malam Pertama, Ini Rasa Sakit Lainnya Saat Bercinta

Cari tahu apa saja yang dapat membuat aktivitas seksual Anda terasa menyakitkan.

Liputan6.com, Jakarta Rasa sakit umumnya dirasakan saat seorang wanita baru pertama kali melakukan hubungan seks. Hal ini terjadi akibat robeknya selaput dara pada organ intim.

Rasa sakit yang muncul saat pertama kali bercinta merupakan hal yang wajar. Namun jika Anda selalu merasakan sakit saat melakukan hubungan seksual, bisa jadi ada kondisi tertentu yang mengintai Anda.

Mengutip laman Prevention, Kamis (7/12/2017), berikut ini beberapa kondisi yang membuat bercinta terasa menyakitkan.

1. Stres dan tegang

Stres merupakan salah satu penyebab hubungan seksual menjadi terasa menyakitkan.

"Relaksasi adalah bagian penting dari perasaan siap untuk melakukan hubungan seksual," kata peneliti seks Debra Herbenick.

Herbenick menyarankan agar pasangan saling memberi pijatan sebelum melakukan hubungan seksual. Selain itu, Anda juga isa mencoba melakukan hal lainnya untuk mengatasi stres "Cobalah kelas yoga dan melakukan meditasi," kata dia.

2. Infeksi genital

Sejumlah infeksi genital, seperti herpes, trikomoniasis, dan infeksi jamur bisa membuat seks menjadi tidak nyaman. Bahkan wanita yang tidak sadar mengalami infeksi dapat memiliki perubahan kecil pada vulva atau vagina mereka yang dapat menyebabkan rasa sakit.

Solusinya, periksakan ke dokter agar infeksi bisa disembuhkan.

"Jika Anda mengalami rasa sakit, hal yang paling penting adalah berkomunikasi dengan dokter Anda dan diperiksa dengan benar, saran Fortenberry.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Endometriosis

Endometriosis merupakan kondisi dimana jaringan yang melapisi rahim mulai tumbuh di daerah lain. Hal ini menimpa sekitar 7 persen wanita di dunia.

"Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dengan hubungan intim dan penetrasi vagina, dan bisa sangat tidak dapat ditolerir," kata Fortenberry.

Sayangnya, endometriosis mungkin memerlukan operasi laparoskopi. Jika Anda memiliki periode dan rasa sakit yang menyakitkan saat berhubungan seks Anda harus bertanya pada dokter untuk pemeriksaan ultrasound.

4. Gangguan sistem pencernaan

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah penyebab lain yang umum namun mungkin menyebabkan seks terasa menyakitkan. Fortenberry menunjukkan bahwa jika Anda memiliki gejala IBS yang paling umum seperti kram usus, dan konstipasi, diare dan rasa sakit saat berhubungan seks, Anda mungkin terkena IBS.

Solusinya, berkonsultasilah dokter tentang bagaimana Anda bisa mengelola IBS Anda dan terhindar dari rasa sakit saat bercinta. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala, termasuk mengubah diet, pengobatan, pengurangan stres dan terapi perilaku Anda. "

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini