Sukses

Rajin Jalan Kaki Meski Kualitas Udara Buruk, Adakah Manfaatnya?

Jalan kaki memang bagus untuk kesehatan, tapi apakah ada manfaatnya jika hal ini tetap kita lakukan di jalanan yang penuh polusi?

Liputan6.com, Jakarta Rajin berjalan kaki memang bagus untuk kesehatan, salah satunya untuk jantung. Berbagai studi bahkan menunjukkan bahwa berjalan kaki bisa memperpanjang harapan hidup seseorang.

Namun, kalau kegiatan jalan kaki ini dilakukan di jalan yang penuh polusi, justru sama sekali tak ada manfaatnya untuk kesehatan Anda, ungkap sebuah studi baru dalam jurnal Lancet, dilansir dari AntaraNews, Rabu (6/12/2107).

Dalam studi itu, tim peneliti merekrut 119 orang berusia di atas 60 tahun. 40 orang di antaranya sehat; 40 orang lainnya menderita penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), penyakit paru inflamasi; dan 39 orang lainnya menderita penyakit jantung iskemik, akibat penyempitan arteri.

Peneliti lalu meminta beberapa dari mereka berjalan kaki selama dua jam per hari di sepanjang London's Oxford Street, sebuah jalan raya di pusat kota yang banyak dilalui oleh bus dan mobil. Sebagian lagi diminta menghabiskan waktu berjalan kaki melewati bagian yang sepi dari Hyde Park.

Tiga hingga delapan minggu kemudian, mereka bertukar rute.

 

Simak juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengejutkan, ternyata...

Hasilnya, mereka yang berjalan kaki di Hyde Park, mengalami peningkatan besar dalam kapasitas paru-paru dan kekakuan arterial mereka.

Tapi, setelah mereka berjalan di sepanjang Oxford Street - dan menghirup sejumlah polutan udara di sana, hanya sedikit perbaikan dalam kapasitas paru-paru.

Bahkan, mereka yang menderita kekakuan arteri, kondisinya memburuk. Sejumlah masalah pernapasan juga mereka alami, termasuk batuk dan sesak napas.

Orang dengan penyakit jantung mengalami kekakuan arteri yang lebih parah setelah berjalan melalui lingkungan perkotaan, kecuali jika mereka memakai obat kardiovaskular.

"Anda harus menghindari daerah yang tercemar untuk melakukan olahraga apapun, khususnya berjalan kaki," kata pemimpin peneliti, Kian Fan Chung, seorang profesor kedokteran di National Heart and Lung Institute Imperial College London, seperti dilansir dari laman Time.

 

(Lia Wanadriani Santosa/AntaraNews)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.