Sukses

4 Makanan Ini Tingkatkan Produksi Darah dan Cegah Anemia

Berikut ini daftar makanan yang dapat membantu memproduksi sel sarah merah dan mencegah anemia.

Liputan6.com, Jakarta Anemia merupakan kondisi di mana seseorang mengalami kekurangan sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. Kondisi ini lebih banyak menimpa wanita dibandingkan pria.

Dilansir dari laman The Health Site, Rabu (6/12/2017), sebuah data laporan analisis independen, menyebutkan, mayoritas wanita yang berusia 18 sampai 45 telah terdeteksi dengan berbagai tipe anemia, termasuk anemia kronis.

Untuk meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh, beberapa cara dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan berikut ini, seperti dilansir dari laman Boldsky.

1. Daging

Asupan protein hewani cukup penting untuk produksi hemoglobin dalam tubuh. Semua varietas daging merah seperti daging sapi, kambing, dan hati adalah sumber zat besi yang sangat baik yang diperlukan untuk produksi hemoglobin. Selain itu, daging ayam juga bisa memberikan asupan zat besi pada tubuh manusia.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biji-bijian

2. Seafood

Berbagai jenis makanan laut diperkaya dengan zat besi dan mineral lainnya yang penting bagi pertumbuhan kadar hemoglobin. Anda bisa mengonsumsi tiram, kerang dan varietas makanan laut lainnya untuk mengatasi anemia dan meningkatkan produksi darah.

3. Biji-bijian utuh

Biji-bijian diperkaya dengan kandungan besi tinggi. Beras, gandum, barley, dan biji-bijian lainnya merupakan makanan yang baik untuk pasien anemia. Selain biji-bijian di atas, beras merah juga dikenal sebagai sumber zat besi yang cocok untuk pasien anemia.

4. Hati

Hati ayam merupakan salah satu sumber zat besi yang bisa membantu memproduksi sel darah merah. Konsumsi hati secara teratur terbukti mampu meningkatkan darah dan mengatasi anemia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini