Sukses

Aplikasi Ini Sediakan Layanan Kursi Kereta untuk Wanita Hamil

Liputan6.com, Jakarta Naik angkutan umum yang berdesakan seperti kereta menjadi tantangan tersendiri bagi wanita hamil. Berdiri berdesakan sambil membawa perut yang membuncit tentu tidak mudah.

Beruntung jika ada penumpang baik hati yang mau memberikan bangkunya untuk diduduki. Jika tidak, terpaksa wanita hamil menguatkan diri berdiri sampai stasiun tujuan.

Di Jepang, aplikasi berkirim pesan, LINE, punya fitur yang menghubungkan wanita hamil dengan para penumpang kereta yang ingin memberikan bangku mereka.

LINE bekerja sama dengan perusahaan kereta Tokyo Metro dan Dai Nippon Printing berusaha menyediakan servis yang membantu para wanita hamil mendapatkan tempat duduk di kereta yang penuh sesak.

Penumpang kereta yang bersedia memberikan bangkunya akan diberi tahu oleh LINE ketika ada wanita hamil yang masuk ke gerbong yang sama dan ingin duduk. Para wanita hamil itu hanya perlu menekan tombol "aku ingin duduk" di aplikasi LINE dan akan ditunjukkan bangku mana yang ditawarkan. Semudah itu. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

1 dari 2 halaman

Diujicobakan Desember 2017

Melansir laman Soranews24, Rabu (6/12/2017), layanan itu akan diujicobakan mulai 11-15 Desember di Tokyo Metro Ginza Line yang beroperasi dari Stasiun Ueno ke Stasiun Omotesando serta dari Stasiun Shibuya ke Stasiun Ueno.

Delapan armada kereta akan disiapkan untuk uji coba itu dengan jadwal jadwal keberangkatan mulai pukul 10.00 hingga 16.00 waktu setempat. Para penumpang pun boleh memberi masukan untuk meningkatkan layanan ini.

Program atau layanan ini sepertinya merupakan ide yang brilian. Tapi ada tantangan tersendiri untuk diterapkan di Jepang. Bangku-bangku yang tersedia dalam transportasi umum di negara itu segera terisi penumpang begitu kosong. Sementara sebagian besar masyarakatnya seperti tak bisa lepas dari gawai mereka. Hal itu menimbulkan sedikit keraguan apakah ibu hamil yang akan benar-benar mendapatkan tempat duduknya.

Artikel Selanjutnya
Fitur Baru Google Maps Mudahkan Pengguna Cari Lokasi Parkir
Artikel Selanjutnya
Ini Produk Terbaru Google Khusus untuk Pengguna Indonesia