Sukses

Anak Kecanduan Gadget Sama Seperti Orang Dewasa Kecanduan Alkohol

Ada hal lain yang juga menjadi tanda anak kecanduan gadget, demikian menurut studi terbaru.

Liputan6.com, Jakarta Kecanduan gadget pada anak tak hanya ditandai dengan durasi penggunaan perangkat tersebut. Ada hal lain yang juga menjadi tanda anak kecanduan gadget, demikian menurut studi terbaru.

Studi yang dilakukan University of Michigan terhadap kecanduan media (media addiction) pada anak menemukan, ada hal lain yang perlu diperhatikan selain durasi penggunaan gawai. Studi ini fokus pada anak usia 4 hingga 11 tahun.

"Yang terpenting yaitu apakah penggunaan gadget menyebabkan masalah lain dalam hidup atau sangat menyita perhatian," ujar rekan penulis studi, Sarah Domoff, melansir laman New York Post, Rabu (6/12/2017).

Menurut studi tersebut, kecanduan gadget pada anak tampak seperti kecanduan alkohol pada orang dewasa. Mereka akan selalu memikirkan gadget bahkan ketika melakukan kegiatan bersama keluarga. Mereka juga cenderung mengalami frustrasi dan enggan bergabung ketika dipisahkan dari perangkat tersebut. 

 

Saksikan juga video berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara mengatasi anak kecanduan gadget

Tak hanya itu. Tanda lain kecanduan gadget pada anak yang perlu diwaspadai adalah perilaku sembunyi-sembunyi menggunakan gadget. Mereka juga kehilangan minat melakukan kegiatan tanpa gadget serta kesulitan meletakkan perangkat itu.

Untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak, Dr Richard Graham, kepala konsultan teknologi di Nightingale Hospital di London merekomendasikan orangtua untuk membuat aktivitas tanpa gawai. Hal itu akan menumbuhkan minat anak terhadap hal selain gadget.

"Meski hanya berenang, menonton pertandingan olahraga, atau menonton di bioskop bisa memberi efek positif," kata Graham.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.