Sukses

Kena Flu, Kapan Mulai Boleh Dekat-Dekat Orang Lagi?

Liputan6.com, Jakarta Menjelang akhir tahun, kita juga memasuki musim liburan. Artinya, akan semakin banyak waktu dihabiskan dengan orang-orang tersayang. Namun, bagaimana kalau Anda terkena flu?

Flu memang bisa menular. Namun, apa itu artinya Anda harus melewatkan semua keriaan, demi tidak menulari orang lain? Lagipula, selama Anda tidak demam dan datang dilengkapi dengan segulung tisu dan obat batuk, harusnya tidak masalah, kan, bergabung dengan keluarga dan teman?

Sayangnya, para pakar berpendapat hal itu sangat salah.

"Secara umum, simtom demam/flu bisa bertahan selama seminggu sampai 10 hari," ujar Margarita Rohr, MD, instruktur klinis penyakit dalam di NYU Langone Health, seperti dilansir dari Health, Selasa (5/12/2017). Menurut dia, flu itu paling menular satu hari sebelum mulainya gejala, sampai lima atau tujuh hari setelah gejala dimulai.

Pada beberapa kasus, menurut Rohr, Anda masih membawa virus yang menular sampai dua minggu setelah gejala pertama muncul.

Ini artinya, walau Anda mungkin sudah merasa lebih baik, mungkin berarti Anda sudah pulih. Dan walau maksud Anda baik, tidak ada untungnya bertemu keluarga jika ujung-ujungnya menyebarkan virus.

Mudahnya, Anda harus merasa sebagai pembawa virus flu jika Anda masih merasa lemas, ujar Sherif Mossad, MD, spesalis penyakit menular di Cleveland Clinic.

"Idealnya, sebaiknya Anda tidak menghadiri acara sosial 5-7 hari setelah munculnya gejala flu. Jika kembali ke kantor, biasanya saya menyarankan menunggu selama 24 jam setelah demam selesai. Jika Anda merasa loyo atau terus bersih atau batuk, tetaplah di rumah," ujar Rohr.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

1 dari 2 halaman

Saat harus bertemu orang

Jika memang kondisi mengharuskan Anda datang, datanglah dengan menunjukkan etiket baik. Bawa tisu sendiri, kemudian tutup mulut ketika bersih atau batuk.

"Pilihan terbaik adalah menggunakan tisu (ketika bersin), pilihan kedua menggunakan siku," saran Mossad. "Jangan bersin atau batuk ke tangan."

Ingatlah untuk rajin-rajin mencuci tangan, terutama setelah menyentuh mata, hidung, atau mulut. Menjauh juga dari meja makanan, agar virus flu tidak menempel. "Ketika orang yang sakit itu bersin atau batuk, virusnya bisa menyebar sampai 2 meter," jelas Rohr.

Dan jika Anda adalah pihak sebaliknya, yang terpaksa menjabat tangan orang yang sedang flu, lalu menyadari kondisi tubuh menurun dan mulai bersin-bersin keesokan paginya? Istirahatlah, dan jangan menyalahkan orang yang Anda duga sebagai si penyebar virus.

Biasanya butuh waktu 2-3 hari, terkadang satu minggu, sebelum orang yang terpapar menunjukkan gejala flu, jelas Rohr. Jadi, kemungkinan mungkin orang yang Anda temui kemarin yang menulari flu.

 

Artikel Selanjutnya
Rumah Hiro Dibakar Orang, Vika Juga Kena Rampok
Artikel Selanjutnya
Badan Gosong, Tetangga Dude Harlino Kena Azab?