Sukses

Selera Makan Lansia Kendur, Gimana Cara Membangkitkannya?

Ada beberapa strategi yang bisa digunakan dalam membangkitkan selera makan para lansia, simak segera artikelnya yuk.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya bayi yang mengalami faktor susah makan, lansia pun demikian. Ketika seseorang memasuki tahap usia lanjut, lambat laun seseorang bakal mengalami penurunan selera makan. Kalau hal ini dibiarkan terus, otomatis akan mengganggu kesehatan Kalau makanan yang dikonsumsi sedikit, metabolisme mereka juga ikut melambat. 

Ada beberapa alasan mengapa lansia mengalami penurunan selera makan, seperti penurunan fungsi dari indra penciuman, perasa serta penglihat. Efek samping karena obat-obatan yang dikonsumsi setiap hari, sembelit atau gangguan kesehatan pada mulut juga dapat menjadi penyebab menurunnya selera makan mereka.

Walaupun normal terjadi pada lansia, tetapi hal tersebut tidak boleh berlangsung terlalu lama. Agar lansia tidak mudah terserang berbagai macam penyakit, gizi dan nutrisi yang mereka perlukan pun harus tercukupi.

Berikut adalah rahasia supaya selera makan lansia menjadi lebih bergelora, seperti dituturkan oleh dr. Kartika Mayasari, dilansir Klikdokter, Senin (4/12/2017).

1. Telusuri penyebab menurunnya selera makan

Pastikan hilangnya selera makan tersebut, bukan karena penyakit tertentu. Jika memang demikian, maka cara mengembalikan selera makan lansia adalah dengan mengatasi penyakit tersebut.

2. Hindari penerapan jam makan pada lansia

Berikan kebebasan pada lansia untuk makan di jam berapa pun, dan jenis makanan apapun yang diinginkan. Berbeda dengan orang di usia produktif yang memang harus menerapkan jam makan untuk mencegah obesitas.

 

Simak juga video menarik berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Gunakan rempah demi menggugah selera makan

Menurunnya fungsi indra pengecap dan penciuman, perlu dirangsang dengan tambahan rempah yang rasa dan baunya lebih tajam, agar lansia lebih berselera untuk makan.

4. Sesuaikan porsi makan 

Porsi makan yang terlalu banyak bagi lansia, bisa mengurangi selera makan mereka.

5. Berikan makanan lunak dan mudah hancur

Untuk menyajikan daging bagi lansia, potong kecil-kecil dan tipis demi mempermudah lansia saat mengunyah makanannya. Tidak sedikit lansia yang menurun selera makan disebabkan oleh masalah di dalam mulut, seperti letak gigi palsu yang tidak nyaman.

6. Temani mereka saat makan

Makan ramai-ramai itu lebih nikmat ketimbang makan dalam suasanan sunyi dan senyap. Terkadang mereka malas untuk makan karena tidak ada yang menemaninya di meja makan.

Jika penyebabnya karena efek samping obat, konsultasikan segera dengan dokter. Minta dokter untuk memberikan terapi lain sebagai pengganti obat, dengan fungsi yang sama namun dengan efek samping berbeda, yang tidak mengganggu selera makannya. Jika dengan kiat di atas selera makan pada lansia masih belum muncul atau turun atau malah hilang, segera periksakan secara langsung ke dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.