Sukses

Gadis Cilik 5 Tahun Berhasil Turun Berat Badan 20 Kg Sebulan

Liputan6.com, Jakarta Tim medis Saudi Arabia berhasil menurunkan berat badan gadis cilik usia 5 hingga 20 kg dalam satu bulan. Hebatnya, program tersebut sama sekali tak menyebabkan komplikasi bagi kesehatannya, seperti diwartakan laman Al Arabiya, Senin (4/12/2017).

Gadis cilik bernama Safia itu sebelumnya memiliki berat badan hingga 85 kg. Penyebabnya karena dia tak bisa berhenti makan. Menurut dokter yang menangani, Hamed al-Oudaani, Safia mengalami sindrom Prader Willi.

"Setelah menjalani perawatan selama tiga bulan, pengobatan biasa tak membuahkan hasil, berat badan justru bertambah, dan dia sulit bernapas ketika tidur, kami lantas melakukan bedah gastric bypass," ujar dr al Oudaani.

Namun, sebelum menjalani operasi, dokter anestesi mengalami tantangan untuk membius Safia. Pasalnya, kondisi bocah dengan sindrom Prader Willi cenderung sulit dan kompleks.

Untungnya hal itu bisa teratasi dan operasi berjalan lancar. Safia kemudian harus menjalani diet dengan rehab spesifik. Kini, nafsu makannya berkurang. Dia pun bisa berjalan normal tanpa kursi roda setelah turun berat badan 20 kg dalam sebulan.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:  

 

 

1 dari 2 halaman

Sindrom Prader Willi

Sindrom Prader Willi (PRAH-dur VIL-e) adalah kelainan genetik langka yang berdampak pada masalah fisik, mental, dan kebiasaan.

Salah satu tanda sindrom ini adalah perasaan lapar yang muncul terus-menerus. Biasanya dimulai ketika anak berusia 2 tahun.

Individu yang mengalami sindrom Prader Willi ingin selalu makan karena mereka tak pernah merasa kenyang (hyperphagia).

Selain itu, mereka juga kesulitan mengontrol berat badan. Komplikasi yang terjadi pada individu dengan sindrom ini umumnya terkait obesitas.