Sukses

Waspada Kanker Prostat jika Temukan Ini di Urine

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda menemukan tetesan darah saat buang air kecil? Jika ya, sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter. Alasannya, hal ini bisa jadi merupakan pertanda awal seseorang terkena kanker prostat.

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa darah dalam urine bisa menandakan gejala awal kanker prostat. Hal ini dikenal sebagai hematuria kotor. Warna darah dalam urine ini seringkali berwarna merah muda, merah terang atau merah pekat, seperti dilansir dari laman Boldsky, Senin (4/12/2017).

Gejala lain dari kanker prostat di antaranya gangguan buang air kecil atau urine. Misalnya, butuh waktu lama untuk buang air kecil, aliran urine lemah, terlalu sering buang air kecil, dan merasa kandung kemih tidak sepenuhnya kosong setelah buang air kecil.

Sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter jika menemukan salah satu gejala tersebut untuk mencegah dan mendeteksi dini jika terkena penyakit tersebut.

Selain melakukan deteksi dini, Anda juga bisa mencegah kanker prostat dengan mengonsumsi makanan berikut.

1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang diketahui dapat menurunkan risiko kanker prostat. Sayuran hijau ini kaya akan antioksidan dan fitokimia yang dapat membantu mencegah tumbuhnya sel kanker.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Jus delima

Delima merupakan buah yang kaya antioksidan. Konsumsi jus delima secara rutin diketahui dapat membantu mencegah pergerakan sel kanker dan melemahkan daya tarik mereka ke sinyal kimia yang meningkatkan penyebaran kanker prostat ke tulang.

3. Kacang kedelai

Beberapa studi menunjukkan bahwa kacang kedelai dapat membantu mencegah kanker prostat. Kacang kedelai mengandung isoflavonoid yang dapat melawan pertumbuhan sel kanker prostat. Terutama sel yang terkait dengan peradangan sehingga mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker.

4. Wortel

Wortel adalah sayuran penting lainnya yang bagus untuk kesehatan prostat. Wortel terkenal dengan sumber beta karoten, sejenis karotenoid yang diubah menjadi vitamin A. Selain itu, wortel juga dikenal dengan sifat antioksidannya.

Berkat semua kandungan tersebut, wortel menjadi salah satu sayuran yang dapat membantu mencegah kanker prostat. Tambahkan irisan wortel dalam makanan yang Anda konsumsi sehari-hari Anda secara teratur untuk mencegah kanker prostat.

Artikel Selanjutnya
Waspadai 5 Kondisi yang Bisa Jadi Petanda Kanker Paru
Artikel Selanjutnya
Rajin Cuci Tangan Bisa Cegah Kanker Serviks