Sukses

Trik Mudah Makin Cantik dan Mulus dengan Jahe

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sehat dari jahe sudah dikenal dan digunakan sejak lama. Jahe digunakan sebagai obat rumahan untuk menenangkan perut yang sakit sampai mengatasi gejala flu dan demam.

Namun, ternyata jahe masih menyimpan banyak manfaat lainnya, salah satunya untuk kecantikan. Bumbu dapur satu ini ternyata bisa membuat rambut lebih sehat, kulit lebih cerah, dan bahkan mengurangi selulit.

Melansir Byrdie, Minggu (4/12/2017), berikut beberapa manfaat jahe untuk kecantikan, dan bagaimana menggunakannya:

1. Menghilangkan bekas luka

Karena kandungan antioksidan dan mengencangkannya, jahe bisa mengurangi tampilan dari bekas luka hypopigmented (bekas luka yang putih atau jauh lebih terang dari warna kulit).

Tepukkan sepotong jahe segar ke area kulit yang memiliki bekas luka, dan biarkan jusnya mengering. Lakukannya hal ini satu sampai dua kali setiap hari.

Dalam beberapa minggu menggunakan jahe, Anda sudah bisa melihat perubahannya. Dan dalam berapa bulan, bekas luka akan hampir tidak terlihat.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

1 dari 3 halaman

2. Meremajakan kulit

Baik mengonsumsi jahe atau memakainya untuk penggunaan luar akan memberi manfaat anti penuaan dini. Jahe mengandung sekitar 40 properti antioksidan yang bisa mencegah kerusakan akibat radikal bebas, dan melindungi kulit melawan penuaan.

Jahe juga bisa meratakan warna kulit dan memperbaiki elastisitasnya.

Buatlah masker jahe menggunakan parutan jahe, madu, dan jus lemon segar, dalam porsi sama banyak. Oleskan di wajah dan diamkan selama 30 menit. Lakukan setiap dua minggu sekali untuk dapatkan kulit cerah berseri.

3. Mempercepat pertumbuhan rambut

Jahe meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, yang penting untuk menstimulasi pertumbuhan rambut.

Kandungan jahe yang kaya akan mineral, asam lemak, dan vitamin juga akan menguatkan akarnya dan mencegah rambut rontok.

Cobalah untuk membuat masker rambut menggunakan parutan jahe dan minyak jojoba dalam porsi sama banyak. Lalu pijatkan ke kulit kepala. Setelah 30 menit, cuci dengan sampo seperti biasa.

2 dari 3 halaman

4. Memerangi ketombe

Kandungan antiseptik dalam jahe menjadikannya sebagai obat mujarab melawan ketombe. Pijatkan minyak jahe atau campuran parutan jahe dan minyak zaitun ke kulit kepala, dan diambkan selama 15-25 menit.

Lakukan hal ini setiap dua minggu sekali, dan rambut akan terbebas dari ketombe.

5. Mengurangi selulit

Selain manfaatnya mengusir racun dan menyegarkan tubuh, jahe ternyata juga bisa mengurangi selulit. kencangkan kulit dan stimulasi sirkulasi darah pada kulit menggunakan scrub jahe.

Campurkan 1/2 cup gula, 1/4 cup minyak zaitu, 2 sendok makan jahe parut segar, dan air dari satu buah lemon. Gosokkan scrub ini ke area yang bermasalah.

Sisa scrub rumahan ini bisa Anda simpan di kulkas dan tahan sampai satu minggu.

Artikel Selanjutnya
5 Rahasia Tampil Cantik Walau Tanpa Makeup
Artikel Selanjutnya
Trik Makeup untuk Tampilan Lebih Muda