Sukses

Cek, Cara Gampang dan Seru Tingkatkan Memori

Liputan6.com, Jakarta Mau tahu bagaimana cara mengingat sesuatu lebih lama? Sebuah penelitian menemukan, membaca informasi dengan suara lantang bagus memori (ingatan).

Penelitian baru-baru ini di Waterloo menemukan berbicara dengan keras membantu memasukkan kata-kata ke ingatan jangka panjang. Hal tersebut merupakan tindakan ganda untuk berbicara dan mendengar diri sendiri yang memiliki dampak paling menguntungkan pada memori.

"Ketika kita menambahkan ukuran aktif atau elemen produksi ke sebuah kata, kata itu menjadi lebih berbeda dalam ingatan jangka panjang, dan karenanya lebih berkesan,"kata Colin M. MacLeod, seorang profesor dan ketua Departemen Psikologi di Waterloo, yang turut menulis penelitian ini dipublikasikan di jurnal Memory, seperti dilansir Medicalexpress, Senin (4/12/2017).

Studi ini menguji empat metode untuk mempelajari informasi tertulis, termasuk membaca tanpa suara, mendengar orang lain membaca, mendengarkan rekaman pembacaan diri, dan membaca dengan suara keras secara real time.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Hasil dari tes dengan 95 peserta menunjukkan, membaca informasi dengan lantang untuk diri Anda menghasilkan ingatan terbaik.

"Ketika kita mempertimbangkan aplikasi praktis dari penelitian ini, saya memikirkan para senior yang disarankan mengisi teka-teki dan teka-teki silang untuk membantu memperkuat ingatan mereka," kata MacLeod. "Studi ini menunjukkan gagasan tindakan atau aktivitas juga meningkatkan daya ingat.

Penelitian ini didasarkan pada penelitian sebelumnya oleh MacLeod, Forrin, dan rekan. Mereka mengukur efek produksi dari kegiatan, seperti menulis dan mengetik kata, dalam meningkatkan retensi memori secara keseluruhan.

Artikel Selanjutnya
5 Cara Gaul Biar Tetap Eksis Tapi Gak Boros
Artikel Selanjutnya
5 Tips dan Trik Traveling yang Brilian Ini Patut Dicoba