Sukses

Tak Perlu Obat, Pilek Bisa Diatasi dengan 7 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Musim hujan yang kembali datang saat memasuki penghujung tahun membuat tubuh rentan terserang pilek. Tak hanya anak-anak, orang dewasa yang daya tahannya menurun karena cuaca dingin di musim hujan pun mudah terkena pilek.

Minum obat dan istirahat adalah cara terbaik menghadapi serangan pilek. Tapi bagi Anda yang enggan minum obat, adakah cara lain untuk mengatasi pilek?

Untungnya, ada langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pilek tanpa obat. Melansir laman Independent, Senin (4/12/2017), berikut langkah-langkah yang bisa Anda coba.

1. Menghirup uap panas

Menurut Profesor Steve Field, chairman di Royal College of General Practitioners, pilek merupakan kumpulan berbagai virus dan respons sistem imun tubuh terhadap serangan virus-virus tersebut menyebabkan simtom seperti hidung tersumbat, bersin, hidung meler, serta mata berair.

"Cara terbaik untuk mengurangi peradangan ini adalah melegakan saluran napas. Uap panas sangat baik untuk melegakan hidung tersumbat."

Caranya tutupi kepala dengan handuk lalu hirup uap panas dari baskom berisi air panas. Akan lebih baik bila Anda membubuhi beberapa tetes minyak mint ke dalam air panas.

Selain itu, Anda juga bisa mandi air hangat sebagai alternatif pilihan meredakan pilek

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

 

1 dari 3 halaman

Minum minuman hangat

2. Minum minuman hangat

Minuman hangat sangat mujarab, menurut Profesor Ron Eccles, direktur Common Cold Research Centre di Cardiff University.

Sebuah studi menemukan, efek dari minuman buah hangat pada saluran napas dan gejala pilek sangatlah positif.

"Minuman hangat membuat gejala pilek langsung mereda begitu juga dengan hidung berair, batuk, bersin, tenggorokan gatal, serta kelelahan," ujarnya.

Minuman dengan sedikit sentuhan pahit juga menguntungkan bagi kesehatan. Banyak dokter menyarankan mencampur air panas dengan madu sebagai antiseptik ringan, parutan jahe, dan lemon segar.

3. Makan sup ayam

Kaldu ayam yang menjadi bahan sup rumahan memiliki khasiat untuk meredakan pilek. Uap kaldunya yang lezat akan melegakan hidung yang tersumbat, melembapkan dan menenangkan.

Bahkan ada klaim bahwa ayam memiliki kandungan anti-viral, terutama di bagian kulitnya. Peneliti dari University of Nebraska Medical Centre di Omaha menemukan bahwa beberapa zat dalam sup ayam kemungkinan memiliki efek anti-peradangan yang bisa meredakan sementara gejala sakit.

"Makanan dan minuman berempah menerbitkan air liur dan sekresi mukus di jalan napas yang meredakan batuk dan radang tenggorokan," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Lepaskan stres

5. Minum air

"Ketika tubuh tengah memerangi infeksi, tubuh menjadi dehidrasi," ujar Dr Rob Hicks, penulis Old-fashioned Remedies From Arsenic to Gin.

Itu sebabnya Anda perlu banyak cairan. Saat Anda merasa haus, itu tandanya Anda mulai dehidrasi. Jadi rutinlah minum air saat pilek melanda.

6. Lepaskan stres

Tekanan hidup sehari-hari membuat Anda rentan terkena pilek, ucap Profesor Eccles.

"Percobaan pada sukarelawan menunjukkan mereka mudah terinfeksi pilek jika mereka baru saja punya masalah," jelasnya.

7. Jaga tubuh tetap hangat

Salah satu cara mencegah pilek lebih parah adalah menjaga tubuh tetap hangat. Ketika lubang hidung menjadi dingin, sistem imun tubuh juga menjadi kurang berfungsi. Demikian juga jika suhu tubuh turun," ucap Dr Rob Hicks.

  • Pilek adalah kondisi dimana terjadi infeksi ringan pada hidung. Biasanya ditandai dengan terjadinya sumbatan pada hidung dan saluran nafas.
    Pilek
  • Musim Hujan
Artikel Selanjutnya
7 Kebiasaan Dianggap Baik Ini Dapat Merusak Kesehatan
Artikel Selanjutnya
Ketahui Fakta Ini Sebelum Lakukan Lip Injections